Seperti Apa Wajah Nabi Muhammad? Ini 9 Ciri-cirinya

Seperti apa wajah Nabi Muhammad? Foto: Shutterstock

 

Hari ini Kamis (29/10) yang bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1442 H, umat Muslim di seluruh dunia akan kembali memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Sudahkah si kecil mengetahuinya? Kita perlu mengenalkan anak pada sosok Nabi Muhammad SAW sejak dini.

Pada anak balita misalnya, orang tua bisa mulai bercerita tentang sifat dan perilaku Sang Nabi yang selalu penuh kasih dan patut diteladani. Kita juga bisa membeli berbagai buku cerita tentang Nabi juga para sahabatnya untuk si kecil.

Orang tua bisa bercerita pada anak kira-kira seperti apa wajah dan ciri-ciri fisik Nabi Muhammad Foto: Shutterstock

Tapi bagaimana ya, bila anak bertanya tentang seperti apa wajah Nabi Muhammad?

Jelaskanlah pada anak bahwa foto wajah Nabi Muhammad tidak pernah ada karena pada zamannya kamera belum ditemukan. Tak hanya itu, melukis wajah atau membuat patung Rasulullah juga dilarang untuk menjaga kemurnian aqidah kaum muslimin..

Meski begitu, kita bisa menceritakan pada anak kira-kira seperti apa wajahnya. Ya Moms, menurut KH. Husein Muhammad, ada beberapa ciri-ciri fisik sang Nabi yang dijelaskan oleh para ahli sejarah Nabi Muhammad. Apa saja?

Berikut rangkuman yang ditulis oleh pemimpin pondok pesantren Dar At-Tauhid Arjawinangun Cirebon, Jawa Barat tersebut di akun pribadinya:

9 Ciri-ciri Fisik Nabi Muhammad

  • Parasnya manis dan tampan. Perawakannya sedang, tidak terlalu tinggi, tetapi tidak pula pendek (Laisa bi althawil al-dzahib wa la bi al-qashir al-bain).
  • Bentuk kepalanya besar, berambut hitam kelam antara keriting dan lurus. Rambutnya yang tebal dibiarkan memanjang sampai ke pundak (Kana Yadhrib Sya’rahu ila al-Mankibain).
  • Dahinya lebar dan rata (wasi’ al jabin), di atas alis mata yang lengkung, tebal dan bertaut. Sepasang matanya lebar dan hitam, di tepi putih matanya ada garis-garis tipis kemerah-merahan. Di pelupuk matanya tampak bayang-bayang hitam (eye shadow/Ak-hal al-‘ainain wa Laisa bi Ak-hal).
  • Tatapan matanya tajam (Ad’aj al-‘Ainain), dengan bulu mata yang hitam-pekat.
  • Hidungnya halus dan merata, (Thawil Qashbah al-Unf) dengan barisan gigi yang bercelah-celah (Mufallaj al-Asnan).
  • Cambangnya lebar (Ahdab al-Asyfar), lehernya jenjang, bersih dan indah (Kana ‘Unuquh Ibriq Fidhdhah).
  • Dadanya lebar dengan kedua bahu yang bidang (‘Azhim al-Mankibain).
  • Warna kulitnya terang dan jernih, dengan dua telapak tangan dan kakinya yang tebal. Tubuhnya selalu menebarkan wangi (Thayyib al-Raa-ihah wa al-‘Araq).
  • Siapa yang memandangnya akan terpikat, siapa yang sering bersamanya akan makin cinta (Man ra-ahu badihatan Ha-bbahu, wa Man Khaalathahu ma’rifatan ahabbahu).

Nah Moms, itulah 9 ciri-ciri fisik Nabi Muhammad menurut para ahli sejarah yang dirangkum oleh KH.Husein Muhammad. Semoga dapat membantu si kecil mengenal sosok Rasullah dan merasa dekat dengannya.

 

Sumber: Lihat link


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments