Sadio Mane Raih Penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2019



MESIR–Sadio Mane memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2019, pada acara yang berlangsung di Hurghada, Mesir, Selasa (7/1/2020). Mane mengungguli rekan setimnya di Liverpool, Mohamed Salah, dan pemain Manchester City, Riyad Mahrez.

Ini merupakan tahun kedua secara berturut-turut di mana tiga kandidat pemenang teratas berasal dari kompetisi Liga Primer Inggris. Pada tahun ini pula untuk ketiga kalinya terjadi ketiga kandidat berasal dari liga yang sama. Pada 1991, ketiga kandidat berasal dari klub-klub Prancis.

Mane sendiri selalu masuk dalam daftar tiga besar kandidat peraih penghargaan tersebut dalam tiga tahun terakhir. Ia menduduki peringkat kedua pada 2017 dan 2018, serta berada di peringkat ketiga pada 2016. Mane menjadi pesepak bola Senegal kedua yang memenangi penghargaan ini, setelah sebelumnya El Hadji Diouf menjadi pemenang pada 2001 dan 2002.

“Sepak bola merupakan pekerjaan saya. Saya benar-benar bergembira dan bangga untuk dapat memenangi penghargaan ini,” kata Mane seperti dilansir Reuters. “Saya ingin berterima kasih kepada semua rakyat Senegal, mereka selalu mendorong saya. Saya juga harus berterima kasih kepada pelatih (Senegal) saya, Aliou Cisse dan Liverpool, semua rekan setim di sana.”

Sebelumnya, Mane tampil gemilang saat Liverpool mengakhiri puasa gelarnya di Liga Champions dengan menjadi juara pada musim 2018/2019.

Mane juga membawa Senegal mencapai final Piala Afrika 2019 sebelum dikalahkan Aljazair.

Penghargaan Pemain Terbaik Afrika yang baru saja diraihnya pun menambah panjang catatan prestasi pesepakbola muslim asal Senegal itu. []

SUMBER: REUTERS



Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Close