Psikolog: Reynhard Sinaga Punya Ciri-ciri Psikopat



DEPOK–Reynhard Sinaga menyita perhatian publik Indonesia bahkan dunia. Bukan karena prestasi, tapi karena kasus memalukan yang dilakukannya di Inggris. Dia divonis seumur hidup setelah terbukti melakukan rudapaksa terhadap 48 pria.

Menurut Psikolog Universitas Pancasila (UP), Aully Grashinta, perilaku Reynhard Sinaga mengarah pada ciri-ciri psikopat.

“Kalau melihat sebagian ciri-cirinya memang mengarah pada ciri-ciri psikopat. Antara lain dengan caranya ia bisa dengan mudah mengelabui orang lain,” kata Aully, seperti dikutip dari Tempo, Selasa (7/1/2020) soal kasus Reynhard Sinaga di Inggris.

Aully mengatakan, perilaku psikopat memang dapat berperilaku manipulatif dan bisa dengan mudah mendapatkan kepercayaan orang lain.

“Karena dengan ciri tersebut agak sulit dikenali bahwa ia adalah seorang psikopat,” kata Aully.

Aully menambahkan, orang dengan psikopat biasanya juga tidak bisa membedakan benar dan salah sehingga ketika melakukan hal salah atau yang kriminal, mereka tidak merasa bersalah apalagi menyesali.

“Namun demikian, untuk bisa memastikan tentunya perlu asesmen mendalam,” kata Aully.

Aully mengatakan, orang dengan psikopat umumnya terkesan menawan, senang bersosialisasi, peduli dan ramah pada orang lain.

“Ia pun tampak dapat berpikir logis, masuk akal, memiliki tujuan yang dipikirkan dengan matang, dapat memberikan penjelasan secara akurat dan memberikan tanggapan yang sesuai bahwa ada konsekuensi bagi para anti sosial dan pelanggar hukum,” kata Aully. []

SUMBER: TEMPO



Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Close