Pelaku Budaya Penerima Bantuan Rp 1 Juta Wajib Registrasi Ulang Sebelum 25 November

Pemerintah memberikan bantuan bagi para pelaku budaya terdampak Covid-19 dalam Program Bantuan Apresiasi Pelaku Budaya (APB) yang disalurkan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Saat ini, program bantuan senilai Rp 1 juta dalam sekali penerimaan ini telah memasuki penyaluran tahap II.

Para pelaku budaya penerima APB tahap 2 wajib melakukan registrasi ulang dengan cara melengkapi data dan karya di laman apb.kemdikbud.go.id.

Batas tanggal melakukan registrasi ulang ini diperpanjang menjadi 25 November 2020 setelah sebelumnya diumumkan paling lambat 15 November 2020.

“Mengingat masih banyak yang belum registrasi ulang, kami perpanjang sampai dengan 25 November 2020,” ujar Judi Wahjudin selaku Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Ditjen Kebudayaan Kemendikbud saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Sementara itu, Staf Analis Rencana Program dan Kegiatan Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Dimas Raditya, mengatakan, hingga Selasa (17/11/2020) pukul 13.54 WIB, sudah ada sejumlah 17.577 pelaku budaya yang melakukan registrasi ulang dari total target penerima APB tahap 2 sebesar 49.000 orang.

Dimas mengatakan, proses seleksi penerima bantuan APB tahap 2 dilakukan dengan bantuan dinas daerah terkait serta pendaftaran mandiri melalui formulir pada website apb.kemdikbud.go.id.

Proses ini telah dilakukan pada Agustus 2020.

“Data-data ini kami padankan dengan BPJS ketenagakerjaan dan dengan Dukcapil Kemdagri melalui Pusdatin Kemdikbud,” kata Dimas, saat dihubungi secara terpisah, Selasa (17/11/2020).

Bantuan APB tidak diberikan kepada pelaku budaya berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PPNS), TNI, POLRI, karyawan BUMN, karyawan BUMD, dosen, maupun dokter.


Sumber : lihat


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments