Momen Seorang Anak Pemulung, Semangat Kerjakan Soal Ujian Sekolah di Jalanan Bandung

Salut banget, meski di tengah kesusahan ia tetap semangat belajar!

Masa kanak-kanak adalah masa paling menyenangkan untuk bermain dan belajar. Anak-anak sedang aktif-aktifnya mengenal dunia dan pelajaran baru dari sekolah. Namun, bagaimana jika kondisi sulit memaksa mereka untuk belajar di tempat yang tak layak? Seperti potret bocah satu ini.

Foto seorang bocah tengah mengerjakan soal ujian sekolah viral di Bandung, Jabar. Foto tersebut diunggah oleh akun Instagram @ahmed_sholihun pada Jumat (4/12). Dalam foto tersebut, bocah itu terlihat mengenakan kaus putih lusuh. Ia duduk sendirian di bawah tangga tengah memperhatikan lembar ujian sekolah.

Kisah Anak Pemulug yang Semanga Kerjakan Soal Ujian di Pinggir Jalan © Instagram @ahmed_sholihun

Bocah laki-laki tersebut bernama Muhammad Rais kelas 3 asal SDN 074 Balonggede. Ia kerap membantu ibunya memulung di sekitar Jalan Asia-Afrika dan Braga.

Dilansir dari laman kumparan, ia mengaku harus menjalankan pelajaran secara tatap muka dengan gurunya. Berbeda dengan murid lainnya yang belajar melalui ponsel.

” Lagi corona langsung ketemu (gurunya)” ujar Rais.

Di antara pelajaran yang ia pelajari, matematika merupakan mata pelajaran favorit Muhammad. ” (Cita-cita jadi) polisi. Pengen menangkap penjahat,” ucap dia.

Sementara itu, ibu Rais, Siti Hasanah mengatakan, anak semata wayangnya itu sehari-hari mengikuti dirinya bekerja karena tak memiliki tempat tinggal. Mereka tinggal di jalanan sekitar Jalan Asia-Afrika.

Kisah Anak Pemulug yang Semanga Kerjakan Soal Ujian di Pinggir Jalan © Istimewa Via Kumparan.com

Ia mengatakan tak ada saudara yang bisa dimintai tolong untuk merawat Rais saat ia bekerja. Sementara itu, suaminya meninggal saat Rais berumur enam bulan.

” Sehari-hari Rais kadang suka ikut saya, gak mungkin saya tinggal sendirian lah karena gak ada saudara dan bapak, otomatis saya bawa-bawa lah biarpun kerja saya mengamen tetap saja saya bawa anak,” ujar Siti.


Kisah Anak Pemulug yang Semanga Kerjakan Soal Ujian di Pinggir Jalan © Instagram @ahmed_sholihun

Saat ia bekerja, biasanya Rais belajar di sekitar Alun-alun Bandung. Ia mengantarkan anaknya ke sekolah yang tak jauh dari lokasi tersebut. Ia berharap segera memiliki tempat tinggal dan usaha sendiri. Agar, Rais bisa belajar dengan nyaman di rumah.

” Yang penting anak saya belajar, lebih memilih diberi kontrakan dan usaha, saya gak minta muluk, biar anak saya bisa belajar di rumah dan anak saya usaha. Jangan saya di jalan mengamen terus. Saya juga sadar diri,” pungkasnya.

5 dari 6 halaman

Sementara itu, Sri Mulyati yang menjadi wali kelas Muhammad Rais pung angkat bicara. Menurutnya Rais dikenal sebagai anak yang rajin dan pendiam.

Kisah Anak Pemulug yang Semanga Kerjakan Soal Ujian di Pinggir Jalan © Instagram @ahmed_sholihun

. ” Dia anaknya rajin, pendiem juga. Dia selalu berusaha, dia selalu datang selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), ini datang mencari saya mau belajar,” ujar Sri kepada. Ia menambahkan, Rais sering datang ke sekolah untuk belajar. Sebab, ia tak memiliki fasilitas untuk mengikuti pembelajaran secara daring sejak pandemi corona menyerang Indonesia.

Sri juga mengatakan, ibu Rais, Siti Hasanah, kerap datang ke sekolah untuk mengambil tugas anaknya. Akan tetapi, Siti menyuruh Rais untuk datang langsung ke sekolah.

Semangat belajarnya perlu ditiru oleh teman-temannya di luar sana. Meski tak punya fasilitas belajar yang layak, ia tetap gigih belajar tanpa mengeluh tanpa meratapai keadaan. Berbanding terbalik dengan kebanyakan anak jaman sekarang yang terlalu banyak bermain gadget sampai melupakan belajar. Gimana menurut kamu?


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments