Menkes: Saturasi Oksigen Dibawah 94 Segera Bawa ke Rumah Sakit

Info – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan informasi penting mengenai penanganan pasien COVID dengan gejala. Salah satunya, kata Budi, adalah jika pasien nilai saturasi oksigennya di bawah 94, maka segera mungkin dibawa ke rumah sakit.

“Penting untuk mengukur saturasi dengan alat namanya oksimeter yang dicolok di jari. Kalau itu sudah di bawah 94 persen, segera dibawa ke rumah sakit atau tempat isolasi terpusat,” kata Menkes Budi, Jumat 26 Juli 2021.

Jika saturasi masih di atas itu, kata Budi, pasien masih bisa menjalankan isolasi mandiri. Penting, lanjutnya, mengukur saturasi secara berkala.

Menurut Budi pula, proses penyembuhan COVID bisa lebih baik jika ditangani secara cepat.

“Yang penting jangan tunggu sampai turun 80, 70, karena merasa sehat. Ya kadang-kadang banyak orang merasa ah saya hanya batuk-batuk kecil nggak mau ke rumah sakit, apalagi takut dites,” kata eks bos Bank Mandiri tersebut.

“Kalau sudah positif cepat dites, setelah dites cepat ukur saturasi. Kalau saturasi di atas 94, stay at home, insyaallah akan sembuh, kalau di bawah 94, dibawa ke rumah sakit atau tempat isolasi,” sambung dia.

Budi menyampaikan, Presiden Joko Widodo menaruh perhatian terhadap banyak kasus pasien meninggal karena terlambat penanganannya dan masuk rumah sakit.

Termasuk yang sering menjadi perhatian Jokowi adalah mengenai stok obat dan vitamin.

Sumber: Lihat


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments