Kacang Hijau Miliki 18 Manfaat Luar Biasa (1)

SEMUA orang tentu mengenal yang namanya kacang hijau. Banyak juga olahan kacang hijau yang dijual di pasaran dan enak untuk dijadikan pengisi perut. Kacang yang kaya akan serat serta rendah kalori ini sangat berguna untuk kesehatan. Kandungan protein, karbohidrat, vitamin serta nutrisi yang dimiliki kacang hijau bermanfaat untuk mengobati diabetes.

Dalam secangkir kacang hijau memiliki kandungan sekitar 60 kalori, rendah kolesterol, serta sumber vitamin A, vitamin C, magnesium, tembaga, besi yang baik untuk tubuh. Kacang hijau termasuk juga salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa digunakan untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan.

BACA JUGA: Yummi! Sayur Asem Kacang Merah untuk Buka atau Sahur!

Terdapat banyak jenis kacang hijau, tetapi kandungan nutrisi serta nilai gizi yang dimilikinya nyaris sama. Selain kacang hijau bermanfaat untuk kesehatan, dapat juga dipakai untuk menjaga serta merawat kecantikan wanita. Kandungan beragam nutrisi yang dimiliki kacang hijau sangat berguna serta dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut ini ada 18 Manfaat Kacang Hijau yang jarang diketahui,

1. Mengobati Anemia (kurang darah)

Kacang yang satu ini memang kaya akan kandungan zat besi, sehingga begitu bermanfaat untuk para penderita kurang darah. Bahkan juga diantara jenis kacang-kacangan yang lain, kandungan zat besi pada kacang hijau adalah yang tertinggi.

2. Menurunkan Berat Badan

Kacang hijau juga baik untuk mereka yang sedang dalam masa diet. Kandungan serat yang tinggi dan rendah lemak membuat makanan ini pas untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun jangan lupa diimbangi dengan berolahraga teratur agar tubuh tetap sehat.

3. Untuk Ibu Hamil Serta Janin

Orang-orang jaman dulu menyarankan pada wanita hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau. Saran itu diamini oleh medis lantaran berdasarkan riset kandungan protein dalam kacang hijau sangat bermanfaat untuk perkembangan sel. Wanita yang sepanjang kehamilan rajin mengkonsumsi kacang hijau umumnya memiliki bayi dengan rambut lebat.

4. Menghilangkan Bekas Cacar Serta Jerawat

Selain bisa dipakai untuk menghilangkan bekas cacar, kacang hijau dapat juga digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Langkahnya, rendam segenggam kacang hijau dalam air selama semalam. Besok paginya, sesudah mengembang ditumbuk sampai halus. Oleskan di wajah sebagai masker. Diamkan hingga mengering dengan sendirinya, lalu dicuci sampai bersih.

5. Memperlancar Sistem Pencernaan

Kacang hijau juga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan lho. Hal ini disebabkan karena kacang hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk dalam usus.

6. Membantu Pembentukan Sel-Sel Tubuh

Protein yang ada dalam kacang hijau bisa membantu pembentukan sel-sel tubuh sehingga secara tidak langsung peran ini sangat terkait dengan manfaat perbaikan perkembangan tubuh.

7. Membantu Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Kecambah kacang hijau memiliki kandungan enzim-enzim aktif dan kandungan vitamin B1 yang meningkatkan penyerapan nutrisi pada sistem metabolisme tubuh dan juga membantu kondisi tubuh.

BACA JUGA: 12 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan (2-habis)

8. Radikal Bebas

Kandungan anti-oksidan tinggi yang ada di dalam kacang hijau bertindak untuk mencegah radikal bebas, sehingga terbebas dari resiko terserang penyakit kanker kulit.

9. Baik Untuk Kesehatan Mata

Bila Anda merasa belakangan ini mengalami masalah dengan penglihatan, misalnya seperti mata lemah serta bayangan menjadi kabur, meminum air rebusan hijau adalah solusinya. Kandungan yang dihasilkan oleh air rebusan ini adalah vitamin A. Zat ini sangat membantu kesehatan mata Anda. []


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments