Jangan Menjudge, Kamu Tidak Pernah Tahu Apa yang Telah Menekannya, Hingga Ia Harus Memilih Hidup Begitu

Jangan pernah menghakimi atau menjudge orang lain sembarangan, kamu tidak pernah tahu apa saja yang telah menekan hidupnya, hingga akhirnya ia harus jatuh dalam keadaan yang buruk.

gold investment,gold investing 2020,gold investment news,gold investment stock,gold investment companies,gold investors,gold investopedia,gold investment calculator,gold invest 2020,gold invest app,gold invest online,gold invest plan,gold invest now,gold invest reddit,gold invest price,gold invest uk,invest gold australia,invest gold and silver,gold as invest,asia gold invest,the gold investment corporation,the gold investment group,the gold investment letter,of gold investment,gold and investment risk,gold for investment purposes,gold for investment uk,gold for investors,gold invest bank,invest gold bars,invest gold bullion,invest gold bars bdo,invest gold bdo,gold bond invest,gold invest canada,gold invest calculator,gold invest company,gold invest.com,gold invest chart,gold invest corona,gold invest coins,gold invest constanta,gold invest direct,gold invest dinant,invest gold dbs,invest gold deposit scheme,gold digger invest oy,w&d gold investimentos ltda,gold invest etf,gold invest europe,how to invest gold etf funds india,gold estate invest,multi invest gold erfahrungen,eco gold invest mangalia,gold invest e confiavel,e gold investment cimb,e gold investment in hdfc bank,gold invest forum,gold invest fund,gold invest fiod,gold futures invest,gold for invest,gold form invest,sbi gold fund invest,invest gold index funds,gold invest group,invest gold how,invest gold safe haven,heera gold invest,gold invest in usa,invest gold in malaysia,invest gold in singapore,invest gold in dubai,invest gold in bank,invest gold index,should i invest gold,should i invest gold or silver,can i invest gold

Lantas daripada kamu ikut-ikutan memberinya penghakiman yang keji, mending kamu doakan saja dia agar cepat-cepat diberi hidayah oleh Allah.

Kamu Tidak Pernah Tahu Pilihan Apa yang Menyiksanya, Hingga Akhirnya Ia Harus Tersiksa Dengan Pilihannya

Kamu pula tidak pernah tahu pilihan apa yang telah menyiksanya, higga akhirnya ia harus tersiksa dengan pilihan yang telah terlanjur ia tetapkan.

Jadi, jangan hanya nilai dia dari pendengaranmu saja, tapi lihatlah bagaimana kenyataannya, lihatlah bagaimana kesulitan yang ia alami, dan fahamilah dengan hati bukan dengan pikiran agar kamu tidak berakhir dengan penghakiman.

Bijaklah Menilai Peribadi Orang Lain, Jangan Sampai Kamu Hanya Menilai Dari Telingamu saja

Iya, bijaklah kamu dalam menilai orang lain, jangan serta merta menvonis keji dan berkata dia buruk, jika yang kamu tahu hanya dari penilaian orang lain.

Sungguh sangat tidak adil jika kamu harus melihat dari telingamu, sedangkan kamu telah Allah anugerahi mata untuk melihat mana yang hak dan mana yang bathil.

Jangan Pernah Menghakimi Lewat Katanya Saja, Tapi Lihatlah Bagaimana Kenyataan Hidupnya

Sekali lagi, jangan hakimi seseorang itu dari katanya, tapi lihatlah bagaimana kenyataan hidupnya yang sesungguhnya. Takut dia melakukan kesalahan memang karena dia dihadapkan oleh pilihan yang rumit.

Dan jika telah demikian, kamu sudah terlanjur menyudutkan, sedangkan apa yang disampaikan orang lain tidak sesuai dengan kenyataan yang ada maka hanya penyesalan yang akan kamu terima.

Kamu Tidak Pernah Tahu Kesulitan Apa yang Telah Dilaluinya Hingga Berada Dalam Keadaan yang Tak Semestinya

Jangan sampai hanya karena kamu mendengar kesalahan apa yang telah dilakukannya, tak berarti kamu bisa seenaknya menghakiminya.

Sebab bagaimapun keslahan yang diperbuat, kamu tidak pernah tahu kesulitan apa yang telah dilaluinya hingga akhirnya ia berada dalam keadaan yang tidak semestinya.

Jangan Sampai Hanya Karena Kamu Mendengar Apa yang Dilakukannya, Tak Berarti Kamu Bisa Menghakiminya

Kendalikan hati untuk tidak pernah latah dalam menilai orang lain, terlebih jika ada yang memperdengarkan kesalahan yang orang lain lakukan, jangan gampang ikut-ikutan menghakimi, sungguh kamu tidak pantas melakukannya.

Sekalipun benar dia yang kamu dengar kesalahannya melakukan kesalahan, tidak pantas kamu serta merta memberi penghakiman kepadanya, karena sungguh kesalahannya adalah urusan Allah, bukan urusanmu.

Sumber: humairoh.com


Leave a Reply