Hotman Paris Marah Biaya Kremasi Jenazah Covid-19 Tembus Rp 80 Juta

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea geram dengan mahalnya biaya kremasi jenazah Covid-19. Hotman mengaku menerima aduan warga, harus mengeluarkan uang hingga Rp 80 juta untuk pengurusan jenazah.

“Ada warga ngadu ke saya, untuk biaya peti jenazah 25 juta, transport 7,5 juta, kremasi 45 juta, lain-lain 2,5 juta. Maka keluarga si korban harus membayar 80 juta untuk kremasi. Apakah kau bisa tersenyum saat simpan uangmu di atas penderitaan, mayat keluarga orang lain,” ucap Hotman dalam video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Selasa (20/7/2021).

Menurut Hotman, mahalnya biaya kremasi sangat tidak manusiawi di tengah masyarakat Indonesia yang sedang kesulitan ekonomi akibat wabah Covid-19. Dia lantas menyinggung pihak rumah duka dan krematorium yang mematok harga selangit.

“Hallo rumah duka, kenapa kau begitu tega untuk menagih biaya-biaya yang begitu tinggi untuk korban-korban pandemi,” ucap dia dalam video berdurasi 1 menit 24 detik dan ditonton 401,385 kali setelah 6 jam diuplod.

Hotman Paris minta hukum ditegakkan. Dia mendesak kepolisian menindak tegas oknum rumah duka dan krematorium nakal.

“Kepada Bapak Kapolri, tolong segera kerahkan anak buahmu, tindak berdasarkan UU Perlindungan Konsumen. Bapak Kapolri turunkan anak buahmu tindak pengusaha rumah duka dengan biaya kremasi sangat gede,” katanya.

Tak hanya itu, Hotman juga meminta pejabat daerah mencabut izin rumah duka tersebut.

“Kepada para gubernur dan wali kota cabut izinnya dan lembaga krematorium. Harus tegas. Kasihan warga sudah kematian masih harus nangis-nangis untuk membayar,” ucapnya.[]

Sumber: Lihat link


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Close
Open
×
x