Heboh Penjual Tawarkan Data e-KTP untuk Pinjaman Online

Heboh Penjual Tawarkan Data e-KTP untuk Pinjaman Online. (Foto: MNC Media)

Anda tidak pernah mengajukan kartu kredit atau pinjaman online? Mungkin sebaiknya mulai waspada, di mana data kamu telah disalahgunakan orang yang tidak bertanggung jawab.

Dikutip dari akun Twitter @pinjollaknat, Rabu (21/4/2021), penjualan data ternyata memang benar terjadi di dunia maya. Hal itu terlihat dari tangkapan gambar yang diunggah akun tersebut.

Ternyata, data-data pribadi yang berasal dari e-KTP, NPWP dan sebagainya dijual secara bebas oleh pedagang yang tidak bertanggung jawab.

“Aku gak pernah pake kartu kredit kok tiba-tiba ada tagihan kartu kredit? Aku gak pernah pinjaman online kok tiba-tiba diteror punya hutang? Woow terkejut!!” tulis akun @pinjollaknat.

Salah satu tangkapan gambar yang diunggah @pinjollaknat justru bikin mengelus dada. Sebab, salah seorang pedagang menawarkan e-KTP sebagai media untuk melakukan pinjaman online melalui media sosial.

“Data fake buat amunisi pinjol 250 sepaket,” tulis akun yang tidak diketahui namanya, melalui cuitan @pinjollaknat, Rabu (21/4/2021).

Selain itu, ada pula yang menawarkan blanko kosong e-KTP, serta jasa pembuaran data KTP, NPWP, slip gaji, BPJS Kesehatan, Ijazah, Kartu Keluarga dan lain sebagainya. Akun ini juga menampilkan biro jasa yang menawarkan pembuatan tersebut.

Saatnya hati-hati menyimpan data pribadi anda. (TYO)

Sumber: Lihat link


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments