Gading Gajah Purba Terbesar Berusia Setengah Juta Tahun Ditemukan, Ini Lokasinya


Sebuah gading berukuran 2,5 meter dari gajah purba yang dahulu hidup di sekitar Mediterania ditemukan di salah satu lokasi penggalian di selatan Israel. Para arkeolog yakin penemuan gading itu akan memberikan gambaran mengenai penduduk awal yang tinggal di wilayah itu.

Dikutip dari laman Reuters, Rabu (31/8), gading itu berasal dari gajah purba bergading lurus bernama Palaeoloxodon antiquus. Ketika ditemukan gajah itu diperkirakan berusia sekitar setengah juta tahun. Bukan hanya gading gajah itu yang ditemukan, namun alat-alat batu, alat pemantik api, dan sisa-sisa hewan lainnya juga ditemukan di situs penggalian itu.

Avi Levy, sejarawan Otoritas Barang Antik Israel dan pemimpin penggalian itu menyatakan “ini adalah fosil gading terbesar yang pernah ditemukan di situs prasejarah di Israel atau Timur Dekat”.

Gajah yang besarnya melebihi gajah Afrika itu dahulu hidup di wilayah yang kaya dengan fauna. Binatang-binatang lain seperti sapi dan kuda liar, rusa, babi hutan dan kuda nil juga hidup di wilayah itu.

Gading itu akan dipajang di Kampus Nasional Arkeologi Israel di Yerusalem ketika proses konservasi selesai.

Reporter Magang: Theofilus Jose Setiawan [pan]

Sumber: Lihat


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Close
Open
×
x