Fethi Nourine, Dua Kali Ogah Lawan Pejudo Israel

Info – Pejudo Aljazair, Fethi Nourine memilih mundur dari Olimpiade Tokyo 2020 setelah hasil undian memungkinkan dirinya untuk menghadapi atlet Israel.

Dalam hasil undian yang berlangsung Jumat 23 Juli 2021, Fethi Nourine yang tampil di nomor 73 kg awalnya akan bertemu dengan judoka Mohamed Abdalrasool asal Sudan di babak pertama (64 besar), Senin 26 Juli 2021.

Jika menang pada laga itu, Nourine akan menghadapi atlet Israel, Butbul yang mendapatkan hasil bye pada undian dan langsung masuk ke babak kedua. Nourine pun memutuskan mundur tanpa menjalani pertandingan pertamanya.

“Kami bekerja keras untuk mencapai Olimpiade, dan berita itu adalah kabar buruk. Tapi, kami membuat keputusan yang tepat,” kata pelatih Nourine, Amar Benikhlef, dikutip Inside The Games.

Usut punya usut, ini bukan kali pertama Nourine mundur dalam ajang besar ketika akan berhadapan dengan atlet Israel.

Hal serupa pernah ia lakukan di kejuaraan dunia 2019 di Tokyo. Kebetulan, Butbul juga menjadi lawannya saat itu.

Terkait keputusan Nourine, Federasi Judo Internasional (IJF), telah memberikan komentar serta tanggapan. Mereka siap melayangkan sanksi atas perbuatan tersebut.

“Tindakan ini diambil berdasarkan pernyataan resmi Nourine dan Benikhlef di media dan sangat bertentangan dengan filosofi IJF. Kami memiliki kebijakan non-diskriminasi yang ketat, mempromosikan solidaritas sebagai prinsip utama, diperkuat oleh nilai-nilai judo,” bunyi pernyataan IJF.

Di sisi lain, aksi mundur atlet Judo melawan Israel sebelumnya juga pernah terjadi. Bahkan, Judoka asal Iran sengaja mengalah agar tidak berhadapan dengan atlet Israel.

Kemudian juga ada judoka Mesir Islam El Shebaby juga dipulangkan dari Olimpiade Rio 2016, karena menolak bersalaman dengan Or Sasson, yang mengalahkannya.

Sumber: Lihat


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments