Dokter gizi sarankan konsumsi buah minimal tiga porsi sehari

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Universitas Indonesia dr. Diana Felicia Suganda mengatakan, konsumsi buah yang dianjurkan adalah minimal dua hingga tiga porsi sehari untuk memenuhi asupan mikronutrien yang diperlukan tubuh.

“Ada yang namanya piramida makanan, dari situ bisa dilihat kalau kebutuhan buah itu adalah dua sampai tiga porsi per hari, itu minimal,” kata Diana di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan, porsi tersebut berlaku baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

“Untuk porsi buah anak di atas lima tahun, hampir sama kayak dewasa. Jadi kalau makan apel, ya apel satu porsi. Kalau mau apel sama pir, boleh, separuh-separuh. Untuk anak pun dua sampai tiga porsi sehari, sama,” ujar Diana.

Adapun takaran porsi buah menurut Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) adalah setidaknya 50 gram. Sehingga dalam sehari, Anda dapat mengonsumsi 150 gram buah.

“Untuk porsi, misal jeruk, ya satu jeruk. Jambu, satu jambu. Tapi kalau buah yang besar, kita makan pepaya, melon, semangka, itu kira-kira satu slice kayak di tukang buah,” ujar Diana.

Namun, Diana tidak menyarankan mengonsumsi buah sebanyak tiga porsi dalam satu waktu karena akan membuat perut kenyang hanya dengan buah dan memungkinkan kurangnya asupan nutrisi lain seperti protein yang juga penting untuk tubuh.

“Kalau makan langsung tiga porsi sekaligus pasti akan kenyang banget dan kenyang hanya isinya buah. Enggak dapat protein, enggak dapat karbohidrat yang lain. Jadi memang paling bagus satu porsi, nanti makan lagi satu porsi, di-split lah,” jelas Diana.

Menurut Diana, buah-buahan mengandung banyak mikronutrien seperti Vitamin C, magnesium, dan fosfor yang penting untuk menjaga sel-sel tubuh, terutama sel daya tahan tubuh.

Sehingga, Diana mengatakan, konsumsi makanan dengan gizi seimbang termasuk melalui buah sesuai porsi yang dianjurkan sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh yang kuat.

“Kalau kita cek, orang dengan daya tahan tubuh yang kuat itu biasanya asupan makanannya seimbang,” imbuh Diana.

Diana melanjutkan, konsumsi buah sebaiknya tidak melulu terpaku pada jenis buah tertentu, tetapi harus bervariasi. Bahkan dalam satu hari, Diana menyarankan mengonsumsi tiga hingga empat jenis buah.

“Kalau jenisnya itu-itu aja, memang seratnya dapat, vitamin dan mineral dapat. Tapi, bahan makanan itu kandungannya beda-beda. Apakah ada fosfornya? Apakah ada magnesiumnya? Itu beda-beda. Jadi idealnya, memang kalau bisa itu setiap hari tiga sampai empat (jenis) buah,” pungkas Diana.

Sumber: Lihat


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments