Cek Fakta: Tidak Benar Tak Ada Televisi yang Memberitakan Anies Menerima Tiga Penghargaan dari KPK

gold investment,gold investing 2020,gold investment news,gold investment stock,gold investment companies,gold investors,gold investopedia,gold investment calculator,gold invest 2020,gold invest app,gold invest online,gold invest plan,gold invest now,gold invest reddit,gold invest price,gold invest uk,invest gold australia,invest gold and silver,gold as invest,asia gold invest,the gold investment corporation,the gold investment group,the gold investment letter,of gold investment,gold and investment risk,gold for investment purposes,gold for investment uk,gold for investors,gold invest bank,invest gold bars,invest gold bullion,invest gold bars bdo,invest gold bdo,gold bond invest,gold invest canada,gold invest calculator,gold invest company,gold invest.com,gold invest chart,gold invest corona,gold invest coins,gold invest constanta,gold invest direct,gold invest dinant,invest gold dbs,invest gold deposit scheme,gold digger invest oy,w&d gold investimentos ltda,gold invest etf,gold invest europe,how to invest gold etf funds india,gold estate invest,multi invest gold erfahrungen,eco gold invest mangalia,gold invest e confiavel,e gold investment cimb,e gold investment in hdfc bank,gold invest forum,gold invest fund,gold invest fiod,gold futures invest,gold for invest,gold form invest,sbi gold fund invest,invest gold index funds,gold invest group,invest gold how,invest gold safe haven,heera gold invest,gold invest in usa,invest gold in malaysia,invest gold in singapore,invest gold in dubai,invest gold in bank,invest gold index,should i invest gold,should i invest gold or silver,can i invest gold

Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim tidak ada stasiun televisi yang memberitakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat tiga penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Klaim tidak ada stasiun yang memberitakan Anies mendapat tiga penghargaan dari KPK tersebut dimuat akun Facebook Matahari pada 24 September 2020.

Unggahan tersebut berupa foto Anies yang sedang memegang tiga piala, pada foto tersebut terdapat tulisan sebgai berikut:

“Foto Anies Boyong Penghargaan Dari KPK Viral” dan “Berhubung Indonesia Tdk punya TV Karena tdk ada yang menanyangkan, mari kita viralkan di medsos : Anies Raih 3 penghargaan dari KPK atas kinerja pemberantasan korupsi di Jakarta…..Alhamdullilah.”

Benarkah tidak ada televisi yang memberitakan Anies mendapat tiga penghargaan dari KPK? Simak Cek Faka Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tidak ada stasiun televisi yang memberitakan Anies mendapat tiga penghargaan dari KPK menggunakan Google Search dengan kata kunci ‘anies dapat 3 penghargaan dari kpk’.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul “Pemprov DKI Jakarta Raih 3 Penghargaan dari KPK” yang dimuat situs kompas.tv, pada 10 Desember 2018.

Situs tersebut menayangkan video siaran Kompas Siang yang memberitakan tentang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang meraih tiga penghargaan dari KPK.

Berikut keterangannya:

“Berkaitan dengan peringatan hari anti korupsi sedunia, pekan lalu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil memboyong 3 penghargaan dari KPK. Pemprov DKI berhasil membuktikan menjadi pemerintah daerah yang disiplin dalam menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara hingga melaporkan gratifikasi yang mencapai Rp23 miliar.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan naik ke atas panggung hingga 3 kali. Yang pertama bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan 4 perwakilan pemda lain, Anies Baswedan menerima penghargaan dari KPK sebagai pemerintah daerah yang paling disiplin menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

Anies kembali naik panggung untuk menerima penghargaan KPK sebagai daerah yang paling banyak melaporkan gratifikasi sepanjang 2018 dan 1 lagi penghargaan terkait aplikasi pelayanan publik.

Dengan 3 penghargaan ini Gubernur Anies berterima kasih kepada jajarannya di Pemprov DKI Jakarta dan ini menjadi bukti komitmen Pemprov DKI melawan korupsi.”

Penelusuran juga mengarah pada akun YouTube resmi tvOneNews yang mengunggah video berjudul “Jadi yang Terbaik, DKI Jakarta Raih Tiga Penghargaan di Hari Anti-Korupsi Sedunia” yang dimuat, pada 10 Desember 2018.

Akun YouTube resmi tvOneNews memuat siaran Kabar Petang yang memberitakan KPK memberikan tiga penghargaan untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, penghargaan yang diterima meliputi Laporan Harta Kekayaan Negara (LHKPN), gratifikasi setya dan aplikasi pelayanan publik.

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tidak ada stasiun televisi yang memberitakan Anies mendapat tiga penghargaan dari KPK tidak benar.

Sejumlah stasiun televisi telah menyiarkan pemberintaanspanAnies mendapat tiga penghargaan dari KPK, di antaranya TvOne dan Kompas Tv.Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)


Tags:

Leave a Reply