BLT Kemendikbud untuk Siswa SD SMP SMA, Jangan Sampai Ketinggalan, Begini Cara Daftarnya!

BLT Kemendikbud untuk Siswa SD SMP SMA, Jangan Sampai Ketinggalan, Begini Cara Daftarnya!

Pemerintah membuat Program Indonesia Pintar (PIP) untuk menunjang dunia pendidikan di Tanah Air.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, dunia pendidikan memang menjadi salah satu bidang yang perlu didukung agar anak sekolah bisa terus menikmati pembelajaran.

Tak cuma itu, PIP juga bertujuan mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN), dengan bantuan tunainya kepada para siswa sekolah.

Bantuan langsung tunai (BLT) Kemendikbud ini diberikan kepada anak usia sekolah yang masuk dalam kriteria keluarga miskin dan rentan miskin yang sedang mengikuti pendidikan formal maupun non formal.

Ada tiga tingkatan dalam pemberian BLT kemendikbud ini, yakni mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA dan pergurua tinggi. Besaran BLT yang diterima pun berbeda-beda.

BLT Kemendikbud ini juga bisa dinikmati oleh para pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan dapat dicairkan dalam bentuk dana tunai. Memiliki KIP menjadi salah satu persyaratan.

Selain itu, penerima manfaat BLT Kemendikbud ini juga harus berusia 6 hingga 21 tahun. Berikut besaran BLT Kemendikbud yang diberikan:

1. Tingkat SD/MI/Paket A, setidaknya pemerintah berikan bantuan tunai sebesar Rp 450.000 per tahun

2. Tingkat SMP/MTs/Paket B, peserta didik akan terima bantuan sebesar Rp 750.000 per tahun

3. Tingkat SMA/SMK/MA/Paket C, pemerintah juga akan berikan dana bantuan sebesar Rp1 juta per tahun

Warga yang merasa berhak atas BLT Kemendikbud itu bisa mendaftarnya melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Bisa mengaksesnya lewat laman pip.kemdikbud.go.id.

Setelah berhasil masuk ke laman itu, kemudian tinggal klik ‘Cek Penerima PIP’. Setelah itu, masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), tanggal lahir, dan nama ibu kandung siswa.

Usai memasukkan data tanggal lahir dan nama ibu kandung siswa, tinggal mengklik ‘Cek Data’. Tak lama kemudian akan muncul nama anak, nama sekolah, tempat tinggal, serta bank penyalur program bantuan ini.

Warga yang ternyata sudah menempuh jenjang pendidikan di perguruan tinggi, juga jangan khawatir. Bisa mendapatkan BLT Kemendikbud dengan mengakses laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Setelah masuk ke laman itu, nantinya tinggal mengikuti sejumlah langkah-langkah.

Sumber : lihat


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments