Benarkah Tidur Saat Puasa adalah Ibadah?

Bulan Ramadan seperti saat ini, ada banyak amalan-amalan kebaikan yang bisa dilakukan. Apalagi dalam bulan Ramadan pahala yang didapat ketika berbuat kebaikan akan di lipat gandakan.

Bahkan, ada yang menyebutkan jika orang yang berpuasa, tidurnya pun akan bernilai ibadah. Tapi benarkah, tidur dibulan Ramadan bisa bernilai pahala?

Pengurus Yayasan Pesantren Darul Istiqamah Maros Mujawwid Arif, kepada Tagarmengatakan, yang menyebutkan tidurnya orang puasa ibadah bukanlah ungkapan dari satu hadis.

Tidak semua tidurnya orang yang berpuasa itu bernilai ibadah, terlebih jika dia tidur pada saat masuk waktu shalat.

Mujawwid menyebutkan, tidur baru bisa bernilai ibadah saat puasa jika diniatkan untuk menghidari perbuatan yang bisa menggiring ke dosa, atau dengan alasan bisa kuat ibadah di malam hari.

Namun, lanjut Mujawwid dalam ajaran agama memang ada dianjurkan untuk beristirahat saat siang hari, namun waktu yang dianjurkan adalah sebelum masuk waktu Zuhur atau selepas berakhirnya waktu salat Duha.

“Tidur diwaktu siang memang ada anjurannya, selama tidur dimaksudkan bukan dalam hal bermalas-malasan maka tentu seorang muslim sudah dapat pahala,” jelasnya.

Sumber: tagar.id


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments