Amalan Ramadhan yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

Ilustrasi ibu berhijab ajarkan anak berdoa. Foto: Shutter Stock

Ilustrasi ibu berhijab ajarkan anak berdoa. Foto: Shutter Stock

Selain mengajarkan anak untuk berpuasa, penting juga untuk mengajarkan anak tentang amalan-amakan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Apalagi, berbagai amalan yang dilakukan pada bulan suci ini akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Meski Ramadhan tahun ini masih harus dilewati dalam situasi pandemi, Anda tetap bisa mengajak anak untuk mengerjakan amalan Ramadhan. Berikut beberapa amalan Ramadhan yang bisa Anda lakukan bersama anak, Moms.

4 Amalan Ramadhan yang Dapat Dilakukan Bersama Anak

1. Salat tarawih

Ilustrasi mengajarkan anak salat. Foto: Shutter Stock

Ilustrasi mengajarkan anak salat. Foto: Shutter Stock

Salat tarawih adalah ibadah sunah yang dilakukan setiap malam di bulan Ramadhan. Salat tarawih hukumnya sunah muakad, artinya sunah yang dianjurkan. Karena kita masih berada di masa pandemi, Anda bisa mengajak si kecil dan suami melakukan salat tarawih berjemaah di rumah setiap harinya.

Tak perlu khawatir juga bila Anda mengajak anak berjemaah salat tarawih di rumah. Sebab, hal tersebut sah-sah saja dilakukan, bahkan ada pahala tersendiri di dalamnya.

“Salat tarawih memiliki keutamaan dan pahala tersendiri jika dilakukan di dalam rumah,” kata Ustaz Rikza Maulan, Lc., M.Ag kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.

Menurut Ustaz Rikza, Nabi Muhammad SAW dalam HR Muslim dijelaskan hanya melaksanakan 2-3 kali salat tarawih berjemaah di masjid dengan para sahabatnya. Selebihnya, ia melakukan kegiatan ibadah tersebut di rumah. Sehingga, menurut dosen dari Universitas Muhammadiyah Jakarta ini, tidak masalah jika kita melaksanakan salat tarawih di rumah bersama keluarga, Moms.

2. Membaca Al-Quran

Ilustrasi ibu dan anak membaca Al-Qur'an Foto: Shutterstock

Ilustrasi ibu dan anak membaca Al-Qur’an Foto: Shutterstock

Membaca Al-Quran atau mengaji bisa menjadi salah satu amalan di bulan Ramadhan yang dilakukan bersama anak. Jangan lupa untuk menjelaskan tentang manfaat membaca Al-Quran di bulan Ramadhan kepada si kecil untuk menambah semangatnya.

Jika anak masih belum mahir membaca tulisan Arab, Anda bisa mendampinginya.

3. Zikir

Ilustrasi Tasbih Foto: pexels

Berzikir adalah salah satu amalan yang dianjurkan untuk umat Muslim, khususnya di bulan Ramadhan. Perintah untuk berzikir pun tercantum di dalam Al-Quran.

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Fażkurụnī ażkurkum wasykurụ lī wa lā takfurụn.

Artinya: Karena itu, ingatlah (berzikirlah) kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. (QS Al Baqarah:152)

Zikir adalah amalan yang paling mudah dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Anda bisa mengajarkan si kecil untuk berzikir, misalnya selepas melakukan salat berjamaah, saat mengaji bersama atau bahkan saat hendak tidur.

4. Sedekah

Ilustrasi anak senang beramal atau bersedekah Foto: Shutter Stock

Pada bulan Ramadhan, sedekah sangat dianjurkan daripada hari-hari biasanya. Sebab bersedekah memiliki keutamaan tersendiri di bulan Ramadhan. Ya Moms, amalan yang satu ini akan dibalas dengan pahala kebaikan yang berlipat ganda.

Anda bisa mengajak si kecil bersedekah, misalnya dengan memberikan makanan kepada orang yang berpuasa. Jangan lupa untuk menjelaskan pada si kecil tentang pentingnya berbagi. Ini akan bermanfaat untuk menumbuhkan rasa empati anak kepada orang lain.

Penulis: Hutri Dirga Harmonis

Sumber


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments