7 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Menurut Ilmu Pengetahuan

Info, Jakarta Dalam beberapa tahun terakhir air kelapa cukup tren diperbincangkan publik. Ternyata, air kelapa memang memiliki banyak manfaat. Terlebih untuk kesehatan.

Selain manis dan menghidrasi, air kelapa juga kaya akan nutrisi. Bahkan di dalam air kelapa pun banyak mengandung mineral yang baik untuk tubuh.

Dikutip dari laman Healthline, Senin (23/08/2021), ketahuilah tujuh manfaat air kelapa untuk kesehatan.

1. Sumber nutrisi yang baik

Kelapa dapat tumbuh di iklim tropis. Secara ilmiah dikenal sebagai Cocos nucifera, sedangkan secara botani dianggap sebagai buah.

Air kelapa yang baik ditemukan di kelapa yang berwarna hijau muda. Ini dapat menyehatkan. Kelapa matang yang usianya sekitar 10-12 bulan, cairannya akan tetap ada di dalam. Sementara sisanya akan menjadi daging putih padat yang dikenal sebagai daging kelapa.

Perlu diketahui, air kelapa yang baik berasal dari kelapa muda yang berumur sekitar 6-7 bulan. Di dalamnya mengandung 94 persen air yang sedikit lemak. Sedangkan ketika kelapa sudah dijadikan santan, kandungannya hanya 50 persen air dan cukup tinggi lemak.

Satu cangkir air kelapa atau sekitar 240ml mengandung 60 kalori, 15 gram karbohidrat, 8 gram gula, 4 persen kalsium, 4 persen magnesium, 2 persen fosfor, dan 15 persen kalium.

2. Memiliki sifat antioksidan

Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan diproduksi di sel tubuh selama proses metabolisme. Produksi bisa jadi meningkat karena stres atau cedera.

Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh Anda akan mengalami stres oksidatif. Hal ini dapat merusak sel-sel dan meningkatkan risiko penyakit. Oleh karena itu, cobalah konsumsi air kelapa ini.

3. Membantu menurunkan gula darah

Ada penelitian lain menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah. Selain itu, air kelapa juga merupakan sumber magnesium yang baik. Kandungan tersebut dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan gula darah. Dengan demikian, air kelapa ini baik untuk penurunan kadar gula pada orang dengan diabetes tipe 2 dan pradiabetes.

4. Membantu mencegah batu ginjall

Ilustrasi Air Kelapa | unsplash.com/@mihaiocoman
Ilustrasi Air Kelapa | unsplash.com/@mihaiocoman

Minum cukup air dapat mencegah batu ginjal. Meskipun air putih adalah pilihan yang baik, ternyata menurut penelitian air kelapa lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain tergabung membentuk kristal dalam urin. Kristal tersebut kemudian membentuk batu-batu kecil.

Dalam sebuah penelitian tahun 2018 yang melibatkan delapan orang, peneliti menemukan bahwa air kelapa meningkatkan buang air kecil kalium, klorida, dan sitrat pada individu tanpa batu ginjal. Hal ini berarti kekuatan air kelapa dapat membantu mengurangi batu ginjal.

5. Dapat mendukung kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah

Minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah studi tahun 2005 menunjukkan bahwa air kelapa mungkin juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada seseorang, tetapi penelitian ini perlu dilakukan lebih lanjut.

Salah satu alasan mengapa air kelapa dikaitkan dengan penurunan tekanan darah adalah kandungan potasiumnya yang baik.

6. Bermanfaat dikonsumsi setelah olahraga

Air kelapa salah satu minuman yang baik untuk menghidrasi tubuh. Terlebih menjaga keseimbangan cairan, air kelapa adalah pilihan yang tepat.

Ada beberapa elektrolit vital, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium. Karena kandungannya tersebut, beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa lebih bermanfaat untuk menghidrasi tubuh setelah berolahraga daripada air putih.

7. Sumber hidrasi

Air kelapa ini memang cukup rendah kalori dan karbohidrat. Selain itu, juga menyegarkan ketika dikonsumsi langsung dari buahnya. Akan tetapi ketika Anda mengonsumsi air kelapa kemasan, hindarilah produk yang mengandung tambahan gula.

Seperti sudah dikatakan sebelumnya, air kelapa dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Anda mungkin dapat menggunakan cairan tropis ini sebagai bahan dasar untuk smothies, puding biji chia, saus vinaigrette, atau pengganti air biasa kapan pun Anda inginkan.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Sumber: Lihat


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Close
Open
×
x