6 Keutamaan doa setelah azan, rugi jika tidak melakukan

w1200

Kumandang panggilan azan bagi umat muslim sebagai tanda datangnya waktu shalat lima waktu, ternyata tak sekedar panggilan saja. Bagi muslim yang melakukan doa setelah azan, terdapat banyak keutamaan dan fadilah yang dijanjikan Allah SWT. Terlebih jika seorang muslim yang mendengar azan terdapat bacaan sebagai jawaban atas azan yang tengah terdengar dikumandangkan, maka seorang muslim tersebut sunah untuk menawabnya. Bacaan dari jawaban saat kumandang azan berlangsung yakni ‘hayya ala shalah’ dan ‘hayya ala falah’ maka jawaban dari dua lafal tersebut la hawla wala quwwata illa billah,”

Ilustrasi kumandang azan Foto: NU Online Selain diantara lafaz azan tersebut, kaum muslim juga harus melakukan doa setelah selesai azan yang terdapat doa yang harus dibaca kaum muslim. Bacaan tersebut merupakan doa bagi muslim terhadap ibadah shalat yang akan didirikan sekaligus menjadi doa kepada Rasulullah SAW.

Berdasarkan hadis riwayat Bukhari, Abu dawud, Tarmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah, bacaan doa yang disunahkan setelah mendengar adzan adalah sebagai berikut.

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.” Keutamaan membaca doa setelah azan menurut Sa’ad bin Abi Waqqash, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mengucapkan setelah mendengar adzan: Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa (aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, aku ridha sebagai Rabbku, Muhammad sebagai Rasul dan Islam sebagai agamaku), maka dosanya akan diampuni.”

Dengan bacaan doa setelah azan, maka fadilah bagi seorang muslim yang membaca doa tersebut diantaranya akan dihapuskan semua dosa-dosanya, Dikabulkan semua doa-doanya, surge bagi yang berdoa. Mendapatkan saksi kebaikan dan khusnul khatimah kelak dan mendapatkan pahala yang setimpal dengan 10 kali bershalawat.   Sumber: Lihat link


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments