20 Juni Hari Ayah Sedunia, Ini Peringatan di Berbagai Negara

Ilustrasi.

FREEPIK/PROSTOCKSTUDIO
Ilustrasi.

Tanggal 20 Juni selalu diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia atau Father’s Day.

Peringatan Father’s Day atau Hari Ayah Sedunia ditujukan untuk menghormati bapak dan kontribusi ayah dalam masyarakat, baik ayah kandung, ayah tiri, ayah angkat, kakek, dan kakek buyut.

Namun tanggal perayaan Hari Ayah bisa berbeda-beda di berbagai negara di belahan dunia. Meski diperingati di tanggal yang berbeda, makna dari Hari Ayah tetap sama.

Berikut sejumlah perayaan Hari Ayah di berbagai negara:

1. Amerika Serikat

Melansir India Today, di Monongah AS, Hari Ayah di Negeri Paman Sam pertama kali diperingati pada 5 Juli.

Hal ini berkaitan dengan tragedi pada 1908 di tanggal yang sama. Terjadi kecelakaan pertambangan yang mengerikan di Monongah, AS.

Seseorang bernama Grace Golden Crayton, menjadi orang pertama yang mengusulkan peringatan tahunan khusus bagi ayah yang meninggal dalam kecelakaan itu.

Dua tahun berikutnya, 1910, seorang wanita bernama Sonora Dodd telah mendesak Spokane Ministerial Alliance untuk memperingati 5 Juni (yang merupakan hari ulang tahun ayahnya) sebagai peringatan Hari Ayah.

Ayahnya adalah veteran Perang Saudara AS bernama William Jackson Smart, yang mengasuh enam anak dengan penuh kasih sayang dan dedikasi.

Sampai akhirnya, pada 1966, mantan presiden AS Lyndon B Johnson mendeklarasikan hari Minggu ketiga bulan Juni sebagai Hari Ayah ketika dia menandatangani proklamasi presiden.

Kemudian, Hari Ayah Sedunia menjadi hari libur nasional di AS pada tahun 1972 setelah secara resmi diakui oleh pemerintahan presiden Richard Nixon.

2. Eropa

Dilansir dari First Post, gereja Ortodoks Timur, selama berabad-abad, telah menetapkan Minggu kedua sebelum Kelahiran Yesus sebagai Hari Minggu Para Leluhur untuk menghormati leluhur Kristus.

Akibatnya, ketaatan adat sebagai seorang ayah di Eropa mulai gencar pada tahun 1508 di Eropa Katolik.

Sebuah artikel Jagran menyebutkan bahwa negara-negara Eropa merayakan Hari St. Joseph, yang merupakan ayah dari Yesus setiap 19 Maret sebagai Hari Ayah.

Negara-negara Eropa Katolik yang merayakannya, meliputi Portugal, Spanyol, Kroasia, dan Italia.

3. Norwegia hingga Papua Nugini

Norwegia, Swedia dan Finlandia merayakan Hari Ayah, di Minggu kedua bulan November setiap tahun.

Sementara, Australia, Selandia Baru, Fiji, Papua Nugini, merayakan Hari Ayah, pada Minggu pertama bulan September.

Adapun Rusia merayakan Hari Ayah pada 23 Februari setiap tahun.

Goodle Doodle

Google Doodle juga turut memeriahkan Hari Ayah Sedunia.

Google menampilkan ucapan selamat Hari Ayah menggunakan animansi stop-motion.

Stop-motion merupakan teknik yang memadukan benda mati seolah-olah mampu untuk bergerak, dengan menggabungkan potongan foto atau video.

Karya Google Doodle Hari Ayah Sedunia 2021 ini dibuat oleh Olivia When.

Ia menampilkan animasi warna-warni. Kedua huruf “G” pada Google, dikemas dalam bentuk kartu ucapan. Pada beberapa sudutnya nampak gambar bunga dan simbol hati yang bisa bergerak.

Jangkauan Google Doodle ini tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Argentia, Paraguay, Chili, Peru, Inggris Raya, Prancis, Irlandia, Belanda, Ceko, Hungaria, Turki, Afrika Selatan, Kenya, India, Malaysia, dan Jepang.


Sumber: Klik disini


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments