10 Keistimewaan Puasa Ramadan di Hari Jumat

Jakarta – Ternyata beribadah puasa Ramadan pada hari Jumat memiliki beberapa keistimewaan, karena umat Islam mengistimewakan hari Jumat, dibanding hari-hari lainnya. Bagi muslim, Jumat adalah hari yang perlu dijalani dengan bahagia dan lebih khusuk dalam beribadah.

Berikut ini 10 keistimewaan puasa Ramadan pada hari Jumat.

1. Hari yang Paling Mulia

Hari Jumat adalah hari yang paling mulia, sehingga muslim yang berpuasa juga akan mendapat kemuliaan dan lebih bermakna. Rasulullah bersabda, “Hari Jumat adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari Jumat ini lebih mulia dari Hari Idul Fitri dan Hari Idul Adha di sisi Allah.”

2. Hari yang Akan Menjadi Hari Akhir (Kiamat)

Hari Jumat adalah hari yang akan dipilih menjadi hari kiamat. Jika seandainya hari kiamat adalah ketika kita sedang melaksanakan ibadah (puasa Ramadan), tentu kita akan meninggal dalam khusnul Khotimah. Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari itu ia dikeluarkan dari jannah dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

3. Punya Dua Waktu Mustajab untuk Berdoa

Hanya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab untuk berdoa, yaitu saat salat Jumat, atau lebih tepatnya saat khatib Salat Jumat turun dari mimbar sampai salat Jumat selesai, dan setelah waktu Asar. Dalam Hadis Riwayat Abu Hurairah dijelaskan bahwa pada hari Jumat terdapat waktu mustajab, di mana jika seorang muslim berdoa dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Apalagi doa orang yang sedang berpuasa, tentu lebih didengarkan oleh Allah SWT.

4. Hari yang Mustajab untuk Berdoa

Selain poin yang ketiga (punya dua waktu mustajab untuk berdoa), diyakini keseluruhan hari Jumat adalah waktu yang bagus untuk berdoa. Rasulullah bersabda, “Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah Hari Jumat.” (HR. Muslim)

5. Lebih Utama untuk Bersedekah

Pada hari Jumat apabila muslim berniat bersedekah akan lebih istimewa. Perbandingannya seperti keistimewaan bulan Ramadan dengan bulan yang lain. Seperti yang dijelaskan seorang Imam Sunni dan ahli Fiqih Ibnu Qoyyim, yang artinya, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya, laksana sedekah bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya.”

6. Hari Nabi Adam Diciptakan

Pada hari Jum’at Nabi Adam A.S diciptakan oleh Allah SWT. Jadi sangat bagus apabila kita berpuasa di hari kelahiran seorang nabi. Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke jannah(surga).” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

7. Hari Ketika Umat Muslim (Pria) Berkumpul

Pada hari Jumat umat Muslim laki-laki akan berkumpul untuk menjalin silaturahmi baik saat akan berangkat ke masjid, atau saat di masjid untuk salat Jumat. Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang diayunkan setara dengan pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah.” (HR. Ahmad).

8. Hari Penghapusan Dosa

Hari Jumat adalah hari dimana setiap umat dihapuskan dosa-dosanya, apalagi umat yang sedang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Antara shalat yang lima waktu, antara Jumat yang satu dan Jumat berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim no. 233).

9. Hari Raya Muslim yang Menjadi Pembeda dengan Umat Non Muslim

Ketentuan tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya, “Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mereka, oleh karena itu hari raya orang Yahudi adalah hari Sabtu, dan hari raya orang Nasrani adalah hari Ahad, kemudian Allah memberikan bimbingan kepada kita untuk menjadikan hari Jumat sebagai hari raya, sehingga Allah menjadikan hari raya secara berurutan, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Dan di hari kiamat mereka pun akan mengikuti kita seperti urutan tersebut, walaupun di dunia kita adalah penghuni yang terakhir, namun di hari kiamat nanti kita adalah urutan terdepan yang akan diputuskan perkaranya sebelum seluruh makhluk.” (HR. Muslim)

10. Hari di Mana Umat Islam Laki-Laki Wajib Salat Jumat

Di hari Jumat, Allah mewajibkan kaum laki-laki untuk salat Jumat, sehingga berpuasa dan salat Jumat akan menjadi istimewa ibadahnya. Rasulullah SAW bersabda, “Shalat Jumat adalah hak yang diwajibkan kepada setiap Muslim kecuali empat orang; budak atau wanita, atau anak kecil, atau orang sakit.” (HR. Abu Daud) []

 

Sumber: Lihat link


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments