Waspada! Cacar Air Diusia Tua, Lebih Berbahaya Daripada Anak-anak

Umunya, cacar air didertita oleh anak-anak dibawah usia 10 tahun. Tapi ternyata tak sedikit pula orang dewasa yang juga mengalami cacar air. Bahkan, kejadian ini sangatlah berbahaya daripada yang dialami anak-anak.

Dikutip dari liputan6, penyakit cacar air, atau biasa disebut Varisela ini dianggap dialami sekali seumur hidup oleh semua orang.

Hal itu ternyata hanyalah mitos belaka, pasalnya menurut health link bc, seseorang bisa saja terkena cacar kembali apalagi saat tubuh tidak stabil.

Cacar air pada usia dewasa biasanya akan menimbulkan demam tinggi dan rasa gatal.

Bedanya, cacar pada orang dewasa bisa berubah menjadi hepatitis atau ensefalitis yang merupakan iritasi dan pembengkakan otak dan berpotensi pada kerusakan permanen.

Seramnya, virus ini juga dapat tertidur di dalam tubuh dan muncul kembali beberapa tahun yang mengembangkan herpes zoster.

Tom DeWitt, M.D., director of general pediatrics dari Cincinnati Children’s Hospital, mengatakan dari 90 persen orang dewasa yang mendapat vaksin, hanya 20 persen dari mereka yang mengalami pneumonia dan 10 persen herpes zoster.

Sementara hepatitis dan ensefalitis jarang terjadi, kata DeWitt. Jika cacar air terlanjur menyerang kamu, perbanyaklah mengonsumsi air mineral dan gunakan tylenol, ibuprofen, dan diphenhydramine seperti Benadryl untuk membantu mengurangi rasa gatal.

Sumber: sahabatsurgaku.com

Leave a Reply