Ustadz Arifin Ilham Derita Kanker Nasofaring, Penyebabnya Bisa Karena Ikan Asin, Simak Penjelasannya

Sempat diberitakan meninggal, Ustadz Arifin Ilham nyatanya kini harus terbaring di Rumah Sakit. Berbagai dugaan penyakit yang dideritanya pun muncul.

Namun terungkap kalau sebelumnya Ustadz Arifin Ilham sempat menderita kanker nasofaring.

Menurut ahli, kanker ini bisa disebabkan karena ikan asin, lo! Bagaimana bisa, ya? Simak penjelasannya berikut ini.

Sembuh Dalam 2 Bulan
Pada akhir tahun 2018 lalu, pendakwah asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan itu memang menderita sakit kanker nasofaring dan getah bening stadium 4A.

Namun dalam waktu 2 bulan, sakit kanker itu bisa sembuh.

“Sudah Alhamdullilah. Ini karunia Allah. Dokternya pun juga terkejut, ‘16 tahun saya jadi dokter baru ini saya mengobati seorang hamba Allah yang mengidap penyakit kanker nasofaring dan getah bening stadium 4A dalam dua bulan tiga hari dibersihkan oleh Allah’,” katanya menceritakan perkataan dokter pada Desember 2018 lalu, seperti dikutip dari Grid.id.

Saat itu, Ia juga sudah tidak menjalani kemoterapi lagi dan dinyatakan bebas dari kanker.

Ia merasa bahwa sembuh dari penyakit ini merupakan karunia dari Tuhan.

Dengan sisa-sisa suara serak dan berat, Ustadz Arifin Ilham menjelaskan bahwa suaranya seperti itu lantaran efek samping dari pengobatannya.

Ia pun merasa yakin bahwa tak lama lagi akan segera pulih seperti sedia kala.

“Insya Allah kembali kemarin muka agak hitam, sekarang sudah bersih semua. Suara ini efek dari pengobatan, Insya Allah nggak lama lagi kembali seperti biasa,” ujarnya.

Gejala dan Penyebab Kanker Nasofaring
Kanker nasofaring adalah kanker yang menyerang bagian rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut.

Dilansir dari Tribunnews, dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) RS Cipto Mangunkusumo Kencana, dr Fikry Hamdan Yasin, menyebutkan gejala yang awal yang terjadi pada pengidap kanker ini adalah hidung kerap terasa tersumbat.

Selain itu gejala awal kanker nasofaring adalah hidung mengeluarkan darah atau mimisan yang intensif alias terus berulang dan telinga terus berdengung.

“(Gejala yang paling mudah terlihat) hidung tersumbat atau mimisan berulang. Telinga rasa tersumbat atau berdengung terus menerus,” tutur dr Fikry Hamdan Yasin kepada Tribunnews.com, Rabu (9/1/2019).

Mengonsumsi banyak ikan asin bisa menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya kanker nasofaring atau karsinoma nasofaring.

Soalnya salah satu zat yang terkandung dalam ikan asin yang disebut nitrosamin dapat menjadi faktor pemicu timbulnya kanker nasofaring.

Hal ini diungkapkan oleh pakar karsinoma nasofaring Dr. dr. Farhat, M.Ked Sp. THT.KL seperti yang dilansir dari Tribun Medan.

“Faktor makanan tadi diulas itu ikan asin. Ikan asin itu ada zat namanya Nitrosamin. Tapi bukan di ikan asin saja, pada daging yang diasapkan, itu juga tinggi nitrosaminnya. Jadi itu juga bahaya,” terangnya.

Siapa yang suka makan ikan asin? Mulai sekarang jangan lupa dikurangi ya, SaSe Lovers! (Sajian Sedap)

Sumber: tribunnews.com

Leave a Reply