Supporter Spanyol Kibarkan Bendera Palestina di Hadapan Tim Basket Israel

Pertandingan bola basket antara tim Basconia, Spanyol dan Maccabi Tel Aviv, Israel, Kamis (31/1/2019) di Spanyol diwarnai aksi solidaritas para suporter untuk perjuangan bangsa Palestina.

Pertandingan kedua tim di ajang kompetisi Liga Eropa ini terbilang berbeda, kala para penggemar Spanyol mengangkat bendera Palestina dan slogan-slogan yang menyerukan kebebasan Palestina dan rakyatnya.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan tim Spanyol dengan skor 97-73.

Tim Spanyol yang berasal dari wilayah Basque dalam setiap pertandingan melawan tim Israel senantiasa diwarnai dukungan mereka terhadap perjuangan bangsa Palestina untuk mendapat keadilan.

Bentuk dukunganya dengan mengibarkan bendera Palestina dan dengan slogan-slogan dukungan terhadap terhadap para pemain Israel.

Aksi dukungan terhadap perjuangan Palestina tidak hanya dilakukan para suporter olah raga, tapi juga para seniman dan musisi Eropa pun banyak yang mendukung Palestina dan mengecam tindakan kejahatan Zionis.

Lewat Twitter, penyanyi Inggris Little Sims membatalkan partisipasinya dalam festival musik Israel dan bergabung bersamanya 15 artis internasional yang mengumumkan boikot mereka terhadap festival musik di Israel.

Langkah ini diambil setelah adanya tekanan BDS pada para seniman dan pesan pribadi dari Pink Floyd, anggota tim Pink Floyd, Roger Waters, untuk mencabut investasi pada mereka yang sebelumnya mengumumkan partisipasi dalam festival tersebut.

“Setelah belajar dari fans, saya menyadari bahwa hubungan Palestina-Israel lebih kompleks dari yang saya harapkan. Hingga sepenuhnya menyadari situasinya, saya mengumumkan bahwa saya akan menunda perjalanan saya ke Israel. Saya tidak akan membuat pertunjukan di festival “Meteor.” Saya meminta maaf kepada penggemar dan mereka yang menunggu untuk menghadiri acara, dan siapa yang tahu saya pasti tahu di mana hati saya, perdamaian dan cinta selalu,” tulis Sims.

Festival musik “Metor” diadakan di Galilea selama tiga hari mulai hari ini, termasuk 50 pertunjukan oleh seniman asing dan 50 pertunjukan musik Israel, seperti dirilis situs Festival.

Di antara mereka yang membatalkan partisipasi mereka dalam festival adalah penyanyi Amerika Lana Del Rey dan rekan senegaranya Henry Louvre, Volvox, Baiton, musisi Inggris Shanti Celeste dan musisi Swedia Seinfeld.

Artis Lana Del Rey adalah salah satu yang memboikot festival pertama kali, dan dia mengajak seniman lain di provinsi tersebut.

Sumber: islampos.com

Leave a Reply