Pria Minahasa Tewas Setelah Makan Durian dan Minum Kopi, Benarkah Kopi dan Durian Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan?

Kabar meninggalnya seorang pria di Minahasa setelah mengonsumsi durian dan kopi viral di media sosial.

Banyak yang meyakini bahwa pria tersebut memang meninggal dunia gara-gara mengonsumi durian dan kopi secara bersamaan.

Namun, benarkah demikian? Sebelumnya, mari kita simak dulu cerita lengkap dari kasus kematian pria tersebut.

Seorang warga Desa Suluan, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Sandi (26), meninggal dunia setelah makan durian, minum kopi, dan minum Hemaviton, Kamis (7/2/2019).

Sebelum meninggal, Sandi juga disebut sempat berhubungan badan dengan pacarnya berinisial TL (24) di sebuah indekos di Kelurahan Wawalintouan, Kecamatan Tondano Barat.

Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang mengatakan, anggotanya dari Reskrim Unit Satu bersama Unit Identifikasi di bawah pimpinan Kanit SPKT Ipda Noufie Massie tiba di lokasi kejadian setelah mendapat laporan kasus tersebut.

Berdasarkan keterangan pacar korban, lanjut Denny, awalnya pada Rabu (6/2/2019) sekitar pukul 19.00 Wita, setelah mengikuti pelatihan statistik di sebuah hotel di Manado, pacar korban bersama korban singgah di kampung dan makan durian dan minum kopi.

Durian
“Kemudian sekitar pukul 22.00 Wita, ketika sampai di tempat kos, di Kelurahan Wawalintouan, Kecamatan Tondano Barat, korban minum minuman Hemaviton, dan pada pukul 23.00 Wita, keduanya sempat berhubungan intim,” kata Kapolres.

Selanjutnya, korban memberitahukan dirinya sudah lelah. Kemudian korban tidur sambil buka baju.

“Sekitar pukul 01.00 Wita, korban kejang-kejang dan dibangunkan pacarnya dengan cara menggoyang-goyang tubuh korban. Namun, tidak bangun,” kata Denny.

“TL melihat korban sudah membiru, dan membangunkan tetangga sebelah kamar kos untuk minta pertolongan,” kata Denny.

Denny menyatakan, tindakan kepolisian yang diambil adalah berkoordinasi dengan RS Sam Ratulangi, Tondano.

Pihaknya menyebut, keluarga menolak untuk dilakukan otopsi terhadap korban. “Selanjutnya, Reskrim Unit Satu bersama Unit Identifikasi melakukan olah TKP di kamar kos,” ujarnya.

Kopi dan Durian
Kasus kematian seseorang yang diduga disebabkan oleh durian juga sempat menjadi pembicaraan pada awal 2018 ketika beberapa orang di Malaysia harus dilarikan ke rumah sakit karena meminum kopi durian.

Cangkir Kopi Terbesar
Apalagi, beberapa situs web juga menyebut bahwa durian termasuk enam makanan atau minuman yang tidak bisa dikonsumsi berbarengan dengan durian.

Dalam daftar tersebut, durian masuk dalam daftar bersama dengan alkohol, susu, terung, kepiting, dan daging merah.

Lalu, kembali lagi soal “campuran” kopi dan durian, seberapa berbahayakah kombinasi dari keduanya?

Dokter gizi, Dr Inge Permadhi SpGK menyebut bahwa mengonsumsi minuman seperti kopi baik setelah maupun saat makan durian tidaklah berbahaya.

Dr Inge menganggap keduanya merupakan dua objek yang berbeda dan tidak memiliki keterkaitan dengan keracunan.

Jika pun keracunan terjadi setelah seseorang mengonsumsi durian dan kopi secara bersamaan, kemungkinan besar orang tersebut memang sudah memiliki riwayat penyakit tertentu.

Keracunan baru bisa terjadi jika seseorang mengonsumsi durian terlalu banyak atau mengonsumsi durian yang terlalu matang alisa mengarak.

Sebab, menurut Dr Inge, jika durian terlalu matang, maka durian dapat mengandung alkohol. Tapi efek yang ditimbulkan biasanya jangka panjang, bukan efek sesaat setelah mengonsumsi durian.

Sumber: intisari.grid.id

Leave a Reply