Perut Kram dan Sakit Saat Menstruasi? Coba Redakan Dengan 5 Cara Ini

Nggak bisa dipungkiri, kram perut menjadi salah satu masalah utama yang sering dihadapi oleh kamu yang sedang menstruasi.

Apalagi di hari pertama dan kedua menstruasi, pasti kamu sering banget merasakan hal yang satu ini, bahkan nggak jarang kamu sampai sulit untuk bangun dan beraktivitas.

Kram perut yang terjadi ini disebabkan karena rahim yang berkontraksi saat mengeluarkan darah haid, dan terdapatnya zat prostaglandin yang dapat menimbulkan infeksi pada rahim.

Semakin banyak zat ini maka akan semakin sakit pula kram perut yang dirasakan. Nah, untuk mengurangi rasa sakit tersebut, kamu bisa mencoba kelima cara ini loh.

1. Olahraga
Percaya nggak percaya, justru dengan berolahraga rasa kram pada perutmu akan berkurang dan bahkan hilang.

Karena, dengan berolahraga tentunya tubuh akan lebih rileks dan santai, hal ini akan membuat keram pada perut perlahan dapat berkurang.

Memang sulit untuk memulainya, kamu bisa memulainya dengan stretching perlahan yang dilanjutkan dengan jalan santai, lalu perlahan kamu bisa beralih ke lari atau melakukan aerobik.

2. Kompres Air Hangat
Cara tradisional dan klasik ini bisa dibilang memang mujarab banget. Pasalnya hanya dengan air hangat yang dimasukkan ke dalam botol kaca atau beling.

Lalu ditempelkan perlahan mengelilingi perut, secara perlahan perut kamu yang sedang keram akan rileks.

3. Konsumsi Makanan yang Dapat Mengurangi Rasa Sakit
Perbaiki pola makan juga menjadi salah satu cara yang dapat membantumu mengurangi rasa sakit, bahkan mencegah rasa sakit saat menstruasi.

Makanan yang disarankan untuk dapat mengatasi rasa sakit yaitu, makanan yang mengandung kalsium. Jahe, nasi merah, kacang-kacangan, serta sayuran hijau pun juga dapat mengurangi rasa sakit tersebut.

4. Menghindari Konsumsi Makanan Pemicu Kram Perut
Ketika kamu sudah mengkonsumi makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada perutmu, seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih.

Serta minuman yang mengandung kafein tinggi, dan beralkohol juga sebaiknya dihindari. Karena kandungan-kandungan tersebut hanya akan memperburuk rasa sakit pada perut.

5. Mengkonsumsi Obat Pereda Rasa Sakit
Cara ini boleh dilakukan ketika rasa sakitmu masih terus mengganggu dan tak kunjung hilang.

Meskipun boleh, pastikan jangan mengkonsumsinya berlebihan ya, karena hal ini akan membuat ketergantungan setiap kamu merasakan rasa sakit.

Jika rasa sakit belum juga reda setelah mengkonsumsi obat, ada baiknya untuk langsung mengkonsultasikan kram perutmu ke dokter ya.

Sumber: facetofeet.com

Leave a Reply