Penjual Singkong Bisa Umroh, Kisahnya Bikin Pelanggan yang Merasa Kaya Jadi Miskin

Pagi ahad tadi tukang singkong dateng ke rumah nganterin jantung pisang
.
Saya tanya “Mang kok udah lama gak pernah keliatan ?”
.
“Oh saya baru pulang Umroh bu.. Hampir 2 bulan libur jualan ”

“Waah alhamdulillah sama siapa umrohnya pak. Dibayarin siapa pak?”

“Sama istri bu. Berdua. Bayar sendiri. Saya nabung setahun. Ambil paket yg 26 juta. Hotel bintang 5. Bisnya juga bagus

Saya kadang sebulan nabung 5 juta kadang 2 juta.. Yaah sebisanya aja.. Dikampung kita berangkat 6 orang sama tetangga”

Saya sampe mangaap denger pak Warji tukang singkong ini cerita. Hampir gak percaya.

“Mang emang dari hasil jualan daun singkong gini bisa nabung segitu ?” Sambil jongkok dia lanjut cerita.

“Bu saya tuh dirumah jualan sembako. Lumayan sehari dapet 2 juta mah. Saya juga punya kontrakan 4 rumah. Tanah adalah 3000m². Kemarin baru beli lagi 1000m².

Dari hasil tani tanah itu ini saya jualin daun singkong, bunga pepaya, jantung pisang. Yaah ngisi waktu. Anak saya 3 udah pada nikah mereka usaha sepatu”

Makin bengong lagi. Laah tajiran dia dari pada kita pelanggannya yg gayanya lebih rapih dan lebih bersih dari pak Warji.

Makin kepo saya tanya lagi.

“Mang jalanin usaha gini pernah pinjem ke Bank gak ?” Matanya sambil sedikit mlotot ke saya.

“Uuh teu meunang ku kyai buu (uuh gak boleh sama kyai bu). Gak boleh dibawa ibadah. Duit bank gitu mah ada bunganya. Ngerusak itu bu..! Sama kyai saya gak boleh”

Waah… makin kagum aja sama tukang singkong yg keliatannya kotor tapi hatinya bersih imannya kuat. Pak Warji salah satu orang kaya tanpa riba.

Dia usaha gaya jadul banget. Tapi bisa berangkat umroh hotel bintang 5. Beli tanah gampang beut. Jadi tukang singkong cuma pilihan ngisi waktu.

Maluu sekaligus bersyukur bisa ketemu beliau. Kalau istilah orang sunda mah, Katempo Kendor padahal Ngagembol (keliatannya penampilan kendor padahal ngegembol duit).

Masya Allah barakallohu fiik paak

Sumber: Lucky Andrean Sanusi

Leave a Reply