Heboh Lumpur Panas Muncul di Tangerang, Begini Faktanya

Viral video berdurasi 39 detik yang menyebut lumpur panas keluar dari jalan di Tangerang. Polisi menegaskan apa yang terlihat di video tersebut bukan lumpur panas.

“Itu proyek PLN itu. Bukan lumpur panas,” kata Kabag Humas Polres Metro Tangerang Kompol Abdul Rachim saat dihubungi detikcom, Sabtu (29/12/2018).

Abdul mengatakan lumpur yang keluar berasal dari galian kabel PLN. Peristiwanya terjadi Jumat malam (28/12) di Metland Puri, Cipondoh, Tangerang.

“Untuk kejadian kemarin malam sekitar 18.30 WIB,” jelasnya.

Abdul menceritakan bagaimana lumpur tersebut bisa keluar dari jalan. Lumpur keluar dari jalan akibat pengeboran tanah sedalam ratusan meter yang kemudian dimasukkan pipa.

“Proses pengerjaanya berawal dari PLN mengebor tanah sepanjang ratusan meter. Setelah dibor, pipa dimasukkan ke lubang bekas bor dengan cara pipa ditarik sepanjang ratusan meter, sehingga bersamaan pipa ditarik, keluar lah lumpur halus seperti pada video,” kata Abdul.

Lumpur halus yang viral dalam video juga tidak berlangsung lama. Setelah 20 menit meluap, petugas segera membersihkan lumpur di lokasi kejadian.

Saat ini, dia mengatakan petugas juga sudah menutup lubang yang menjadi sumber lumpur halus dengan cara mengecor dengan semen. Abdul memastikan tidak ada lagi lumpur yang keluar.

“Keluarnya (lumpur) kemarin cuma 20 menit. Hari ini sudah nggak ada. Sekarang nggak ada,” kata Abdul.
.
Sumber: detik.com

Leave a Reply