Hadits Mengenai Hujan yang Turun Siang dan Malam

diabetes mellitus,diabetes insipidus,diabetes symptoms,diabetes type 2,diabetes medications,diabetes type 1,diabetes diet,diabetes in dogs,diabetes association,diabetes and alcohol,diabetes awareness month,diabetes a1c,diabetes and pregnancy,diabetes and heart disease,diabetes and kidneys,diabetes app,a diabetes delegated care aide,a diabetes diet,a diabetes association,a diabetes specialist,a diabetes-like condition may develop when,a diabetes breakfast,a diabetes doctor,a diabetes diet plan,diabetes blood test,diabetes blood sugar,diabetes breakfast,diabetes bracelet,diabetes blindness,diabetes blood sugar chart,diabetes blood pressure,diabetes breath,b diabetes mellitus,diabetes b symptoms,diabetes b vitamins,diabetes b type,diabetes b cells,diabetes b complex,diabetes b blocker

Dalam sebuah keterangan disebutkan bahwa sebenarnya Allah itu menurunkan hujan siang dan malam setiap hari.

Hanya saja, Allah membagi hujan itu sesuai kehendak-Nya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat dari al-Mutallib bin Hanthab, salah seorang tabiin.

مَا مِنْ لَيْلٍ وَلاَ نَهَارٍ إِلاَّ وَالسَّمَاءُ تمطر فيها ويصرفه الله حَيْثُ شَاءَ

“Siang dan malam hujan itu pasti turun. Namun Allah menurunkan sesuai kehendak-Nya.”

Menurut Imam al-Rafii, sebagaimana dikutip al-Munawi dalam Faidhul Qadir, hujan itu turun siang dan malam.

Namun Allah menurunkannya sesuai kehendak-Nya, di laut ataupun di darat. Terkadang hujan turun tak sesuai musimnya, namun juga terkadang hujan turun sesuai musimnya.

وعن ابن عباس ما من عام أقل مطرا من عام ولكن الله قسم ذلك بين عباده على ما شاء

“Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, setiap tahun hujan turun tidak lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Allah itu membagi hujan di antara hamba-hamba-Nya sesuai kehendak-Nya.”

وروى أن الملائكة يعرفون عدد المطر وقدره كل عام لأنه لا يختلف لكن تختلف فيه البلاد

“Diriwayatkan bahwa para malaikat itu mengetahui jumlah butiran hujan dan kadar turunnya pada setiap tahun. Ini karena butiran hujan yang turun tidak pernah berbeda, hanya saja jumlah butiran hujan yang itu di setiap daerah berbeda-beda.”

Sumber: bincangsyariah.com


Tags:

Leave a Reply