Curhat Andre Soal Dirinya Hina Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat Lewat ‘AdiSomad’

Betulkah Andre Taulany hina Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat Lewat ‘AdiSomad’?

Berikut buka-bukaan beliau.

Beberapa hari yang lalu, video Andre Taulany yang memplesetkan nama merek sepatu “AdiSomad” viral di media sosial.

Banyak anggapan bahwa plesetan yang dilakukan Andre Taulany tersebut diduga menghina ulama, Ustadz Adi Hidayat dan Ustadz Abdul Somad.

Terkait dengan hal tersebut, Andre Taulany pun akhirnya buka suara.

Menurut suami Erin Taulany, tuduhan yang dilayangkan kepadanya itu tidaklah benar.

“Di sini saya mau meluruskan aja, kejadian kemarin itu jangan salah sangka karena apa yang dituduhkan itu tidak benar,” kata Andre Taulany, seperti dikutip TribunnewsBogor.com dari channel YouTube Entertainment News, Kamis (2/5/2019).

Saat itu, Andre Taulany hanya memplesetkan nama merek sepatu terkenal Adidas menjadi AdiSomad.

Andre Taulany pun bersumpah atas nama Tuhan bahwa dirinya sama sekali tak ada niat untuk menghina ulama.

Rekan kerja komedian Sule ini menegaskan bahwa ia hanya spontan menyebut nama tersebut.

“Orang di situ saya sedang memplesetin kata merek sepatu. Demi Allah gak tahu. Saya benar-benar hanya spontan mengucapkan itu. Dan yang kesebut namanya itu AdiSomad,” ucap Andre Taulany.

Lebih lanjut, Andre Taulany menyatakan bahwa plesetan nama AdiSomad yang dianggap gabungan dua ulama itu bukan dari dirinya melainkan netizen yang memprovokasi bahwa AdiSomad adalah penggabungan dua ulama, yakni Ustadz Adi Hidayat dan Ustadz Abdul Somad.

“Saya sendiri tidak kepikiran bahwa itu penggabungan dua nama. Yang menganggap itu penggabungan dua nama itu kan bukan saya. Itu kan netizen yang meramaikan bahwa itu dua nama. Padahal maksud saya bukan kesitu. Dan saya gak kepikiran itu. Itu purespontan,” tutur Andre Taulany.

Melihat video plesetan nama merk sepatu itu viral, Andre Taulany pun merasa lucu.

Lantas, ia pun meminta agar netizen melihat versi penuh videonya.

“Lucu aja kalau disambung-sambungin nama itu adalah nama-nama ustadz. Tidak ada unsur menghina. Mungkin karena yang beredar potongan-potongan. Coba lihat versi full-nya,” kata Andre Taulany.

Kemudian, Andre Taulany menjelaskan bahwa plesetan nama tersebut sudah ada sejak zaman dulu, sebelum ia terjun di dunia komedi.

“Dan saya rasa komedi seperti itu mah sudah lawas. Udah dari zaman dulu udah main plesetan-plesetan, jauh sebelum saya jadi komedian, para senior sudah lakukan itu,” ujar Andre Taulany.

Ketika ditanya apakah akan berhenti jadi komedian karena kejadian ini, Andre Taulany menegaskan dirinya akan tetap berkarya di jalur ini.

“Kalau berkarya terus berkarya, karena kan itu ibadah. Saya pekerja seni, komedian, pekerjaan saya di situ, itu ibadah. Saya akan terus bekerja selama itu bermanfaat menghibur orang,” katanya menegaskan.

Tanggapan Ustadz Adi Hidayat

Setelah video Andre Taulany dan Sule itu viral, muncul video reaksi Ustadz Adi Hidayat (UAH).

Di sela-sela ceramahnya di Masjid Al-Ihsan PTM-VJS Galaxy, Bekasi, Jawa Barat, Ustadz Adi Hidayat mengaku menerima cuplikan video Andre Taulany itu.

“Di jalan tadi, saya menerima ada orang yang mengubah kata-kata dari merek sepatu jadi Adisomad dan macam-maca,” demikian dikutip dari YouTube Akhyar TV.

Namun ia meminta agar para jamaahnya tidak terpancing untuk mencela.

“Saya enggak peduli. Ya biarin aja, ga apa-apa, jangan dibalas dengan celaan lagi. Sudah tak usah dibalas, tidak usah dibalas. Kita doakan dengan yang baik,” katanya meminta.

Meski demikian,UAH juga memperingatkan kepada orang yang mencela ulama.

“Tapi saya mau ingatkan. Ketika lisan anda sudah tajam pada seorang ulama, maka itulah awal kehancuran anda dalam kehidupan dunia. Ingat baik-baik kalimat itu.

“Ketika lisan anda sudah mulai tajam pada ulama, dengan cara yang tidak tepat, apakah penghinaan, pelecehankah, maka itu tanda awal kejatuhan karier anda dalam urusan dunia. Dan ancaman Allah untuk urusan akhirat.”

“Pilihannya cuma dua. Ada orang yang dengan itu bia taubat, ada orang yang istidraj, dia terhempas dalam keburukan-keburukannya dan menambah dosa-dosanya di situ. Maka jangan biarkan saudara kita terjebak dalam dosa.”

“Kita berdoa kepada Allah supaya diberikan hidayah. Balas keburukan dengan kebaikan. Maka dengan kebaikan itu mendatangkan pahala, insya Allah,” kata UAH menerangkan.

Rekamannya ada di menit ke 2:10:06.

 

Sumber: http://makassar.tribunnews.com/2019/05/03/curhat-andre-taulany-soal-dirinya-hina-ustadz-abdul-somad-dan-ustadz-adi-hidayat-lewat-adisomad

Leave a Reply