BMKG Minta Masyarakat Mewaspadai Ancaman Tsunami di Wilayah Ini Hingga 25 Desember

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan ancaman pasang maksimum pada tanggal 24 Desember sampai 25 Desember 2018 untuk wilayah pesisir selatan Sumatra, Lampung, pesisir Kalimantan Barat, pesisir utara Jawa (Banten, Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim) dan utara Bali.

BMKG juga meminta kepada masyarakat terdampak sebaiknya saat ini tidak mendekati pantai hingga ditemukan penyebab pasti tsunami di Selat Sunda.

BMKG bersama Badan Geologi masih terus akan mengkaji penyebab tsunami tersebut.

Berdasarkan pengamatan BMKG sekitar pukul 21.30 WIB Sabtu (22/12) terjadi kenaikan gelombang tinggi yang tercatat di tide gauge BMKG dengan karakteristik yang menunjukkan itu adalah tsunami namun tidak terjadi gempa bumi tektonik.

“Setelah berkoordinasi dengan Badan Geologi diketahui telah terjadi erupsi gunung Krakatau pada pukul 21.03 WIB. Kejadian di Anyer diduga merupakan tsunami yang bukan disebabkan oleh gempa tektonik, saat ini masih akan diselidiki apakah ada hubungannya dengan erupsi Krakatau,” tulis Humas BMKG dalam informasi yang dikutip laman twitter Humas_BMKG, Minggu (23/12).

Sumber: kontan.co.id

Leave a Reply