Beda Nasib Alvi dan Thoriq Pendaki Gunung Piramid, Keberadaanya di Gunung Lawu Tak Permah Ditemukan

Peristiwa hilangnya pendaki gunung kerap kali terjadi di beberapa daerah. Thoriq termasuk pendaki yang beruntung karena walaupun ditemukan dalam keadaan meninggal tapi jenazah berhasil ditemukan oleh tim pencari.

Beda nasib dengan Thoriq, Alvi pemuda yang mendaki Gunung Lawu hingga kini keberadaannya tak pernah ditemukan.

Alvi Kurniawan hilang misterius di Gunung Lawu pada 31 Desember 2018 lalu. Hingga 23 hari pencarian, ratusan personel yang dikerahkan tak pernah menemukan keberadaan Alvi.

Bahkan, lokasi-lokasi yang diduga menjadi tempat terakhir kali Alvi terlihat sudah dilakukan pencarian.

Ini termasuk kawasan yang sebelumnya terdapat bau menyengat, yang diduga jenazah Alvi. Hingga saat ini, hasilnya tetap nihil.

Proses pencarian sudah sempat dihentikan sepekan setelah Alvi dinyatakan hilang, yakni pada 8 Januari 2019.

Adanya informasi keberadaan Alvi yang datang dari berbagai sumber membuat tim pencari, termasuk komunitas pecinta alam dan warga setempat memulai kembali pencarian.

Terakhir, keluarga Alvi dari Magelang pun datang ke Gunung Lawu dan ikut melakukan pencarian pada Selasa (22/1/2019) lalu.

Dikutip dari akun Facebook “Gunung Lawu 3265 Mdpl”, keluarga sudah melakukan pencarian dengan melibatkan lebih dari 300 relawan dari berbagai kesatuan dan komunitas, anjing pelacak, dan cara lainnya.

Setelah dilakukan musyawarah dengan pihak keluarga, disepakati pencarian benar-benar dihentikan.

“Pencarian Alvi dihentikan/ ditutup total. Pihak keluarga telah menerima kepergian Alvi dengan ikhlas dan lapang dada,” tulis akun tersebut.

Namun apabila para pendaki atau pihak lain masih berkeinginan dan penasaran mencari keberadaan Alvi, dipersilakan.

Akan tetapi, pihak basecamp tidak lagi melakukan pengawalan karena tim pencari sudah dibubarkan.

Artinya sejak hilang hingga saat ini, keberadaan Alvi tak pernah ditemukan. Jika dihitung, Alvi sudah hilang sekitar setangah tahun di Gunung Lawu.

Berikut rangkuman fakta dari kasus hilangnya Alvi Kurniawan di Gunung Lawu:

1. Diduga Tersesat Setelah Adu Cepat Naik ke Puncak
Alvi Kurniawan, pendaki asal Desa Mejing, Kecamatan Candi Mulyo, Kabupaten Magelang, dilaporkan hilang saat mendaki puncak Gunung Lawu.

Alvi Kurniawan (20) dinyatakan hilang sejak mendaki gunung itu, Senin (31/12/2018). Humas Basarnas Pos Surakarta Yohan Tri Anggoro mengatakan, hilangnya Alvi setelah diajak balapan menuju puncak oleh seorang pendaki wanita asal Wonosobo di hari kejadian, via lajur pendakian Candi Cetho, sekitar pukul 10.00 WIB.

2. Pencarian Terkendala Hujan Lebat dan Kabut Tebal
Menurut Yohan, cuaca hujan dan berkabut menjadi kendala utama para anggota Tim SAR dalam melakukan pencarian.

“Sudah empat regu kami berangkatkan mencari Alvi. Namun, korban hingga siang ini belum kami temukan,” kata Yohan, saat dihubungi Kompas.com pada hari Kamis (4/1/2019).

Seperti diketahui, Alvi Kurniawan dilaporkan hilang oleh rekannya sesama pendaki Wahyu Chandra. Alvi saat itu beradu cepat menuju puncak Lawu dengan seorang pendaki perempuan dari Wonosobo.

Namun, saat rekan-rekan Alvi sampai di puncak Lawu, mereka tidak mendapati keberadaannya.

3. Keluarga Berhadap Alvi Ditemukan Dalam Kondisi Selamat
Marwati (42), ibu Alvi Kurniawan (20), berharap anak sulungnya segera ditemukan dalam kondisi selamat.

“Saya terus berdoa, baca Al Fatihah buat anak saya. Semoga cepat ketemu, selamat, tidak kenapa-kenapa. Mohon doanya,” ucap Marwati, ditemui di rumahnya, Jumat (4/1/2019).

Marwati menceritakan, Alvi pamit hendak mendaki gunung pada Minggu (30/12/2018) lalu, namun tidak bilang bahwa akan ke Gunung Lawu. Alvi buru-buru mengemas perlengkapan mendakinya lalu segera pamit dan mencium tangannya.

“Baru saja pulang membantu saya jualan dari pasar. Sampai rumah langsung kemas-kemas pamit mau naik gunung, gitu. Saya sudah suruh dia istirahat dulu tapi katanya keburu kemalaman,” kata Marwati.

Marwati pun sangat terpukul dengan kabar hilangnya Alvi. Putra sulungnya tersebut dikenal sangat dekat dan sayang dengan keluarga.

Sumber: tribunnews.com

Leave a Reply