Anjuran Rasul SAW untuk Bangun Pagi, Ini Manfaatnya


Bangun pagi adalah salah satu hal yang agak sulit dilakukan oleh sebagian orang, terlebih ketika akhir pekan menghampiri. Padahal hal ini adalah kebiasaan yang tidak baik, sebab banyak sekali kerugian yang akan didapatkan.

Islam memberikan panduan bagi pemeluknya agar sukses menjalani kehidupan baik di dunia maupun di akhirat. Islam juga memberikan langkah-langkah konkret agar manusia bisa menikmati kebahagiaan dan menikmati hidup dengan indah. Anjuran untuk bangun pagi di antaranya tercantum dalam berbagai ayat Al-Qur’an dan hadis Rasulullah SAW berikut :

“Dirikanlah Shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan oleh malaikat” (Qs. Al-isra ayat 78)

Adapun dasar perintah hadis secara explist tertera dalam doa Nabi SAW beliau bersabda :

“Keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta mereka” (HR Ath Thabrani dalan Al Ausath)

Sesuai perintah Allah SWT juga anjuran Rasulullah SAW, hal ini ternyata banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia, di antaranya adalah :

Pertama, tubuh bisa menjadi lebih segar

Saat mulai bangun di pagi hari maka tubuh akan terasa lebih segar. Ini dikarenakan tubuh menghirup udara segar yaitu oksigen yang belum tercampur polusi udara, seperti asap dari kendaraan atau limbah pabrik. Apalagi bila ditambah dengan berolah raga di pagi hari, tubuh akan menjadi segar dan bugar.

Kedua, tidak ketinggalan buat menghirup udara segar

Kalau bangun siang bagaimana bisa mendapat udara segar? Heheh. Udara segar yang masih kaya oksigen di pagi hari sangatlah penting bagi peredaran darah dalam tubuh. Dengan menghirup udara segar maka akan menambah kadar oksigen dalam darah yang juga membuat aliran darah lancar.

Ketiga, meningkatkan daya ingat

Bangun pagi bisa membuat otak lebih produktif, loh. Kalau fungsi otak sudah bagus sejak awal pasti mengawali hari-harinya pun enjoy. Maka dari itu, orang yang sering bangun pagi dan menghirup udara segar akan lebih kecil kemungkinan terkena gejala pikun dibandingkan dengan orang yang bangun siang hari.

Keempat, bisa membuat awet muda

Kalau bangun pagi, jangan lewatkan juga untuk berjemur. Sinar matahari pagi yang membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh dapat memaksimalkan peremajaan kulit. Kandungan vitamin D2 dan D3 juga bisa mencegah gangguan pada kulit.

Kelima, menjadikan kamu lebih semangat

Ambisius semangat sangat dipengaruhi oleh aktivitas bangun tidur kita. bayangkan saja bila rasanya kesiangan itu rasanya bagaimana? Pasti tidak enak dan membuat tubuh malas gerak dan tidak semangat.

Wallahu A’lam.

Leave a Reply