Ada Supermoon, BMKG Minta Masyarakat Waspada Gelombang Tinggi, Khususnya di Jawa dan Jakarta

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memberikan peringatan dini mengenai pasang maksimum air laut di beberapa wilayah Indonesia untuk beberapa hari ke depan.

Kondisi pasang maksimum air laut ini disebutkan karena adanya fenomena supermoon (posisi perigee atau jarak terdekat bulan terhadap bumi) disertai dengan bulan purnama.

Peringatan ini berlaku mulai Sabtu (19/1/2019) hingga Selasa (22/1/2019).

Adapun wilayah tersebut antara lain:

  1. Pesisir utara Jakarta
  2. Pesisir utara Jawa Tengah
  3. Pesisir utara Jawa Timur
  4. Pesisir Cilacap Pesisir Tanjung Benoa, Bali
  5. Pesisir Kalimantan Barat
  6. Pesisir Makassar

Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap fenomena alam ini.

Menurut BMKG, kondisi ini juga dapat berdampak terhadap terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam, dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Selain itu, masyarakat diminta untuk selalu memantau perkembangan cuaca melalui situs resmi BMKG atau situs maritim BMKG, media sosial BMKG, dan aplikasi BMKG yang dapat diunduh di smartphone.

Peringatan pasang maksimum ini juga disampaikan pihak BMKG melalui akun resmi Intsgramnya, @infobmkg, sebagai berikut:

View this post on Instagram

MALAM MINGGU NONGKRONG DIPANTAI? WASPADAI PASANG MAKSIMUM AIR LAUT . . Adanya fenomena supermoon disertai dengan bulan purnama dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia. . . Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi disekitar pelabuhan dan pesisir, aktifitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan. . . Oleh karena itu dihimbau untuk masyarakat pesisir pantai agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena ini terutama yang berada didaerah yang disebutkan pada infografis. #infobmkg #bmkg #supermoon #pasangsurut #pasangmaksimum #bmkgmaritim

A post shared by BMKG (@infobmkg) on

Ada Supermoon Mulai Malam Ini, BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai fenomena supermoon yang disertai bulan purnama, yang terjadi mulai Sabtu (19/1/2019) malam ini hingga tiga malam ke depan.

Lewat akun resmi media sosialnya, BMKG menyatakan supermoon dapat menyebabkan kondisi pasang air laut di perairan Indonesia.

“Adanya fenomena supermoon disertai dengan bulan purnama dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia,” tulis BMKG di akun Instagram @infobmkg.

Pasang air laut tersebut dinilai dapat mempengaruhi aktivitas masyarakat pesisir di sejumlah lokasi, yaitu pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, dan pesisir Cilacap.

Kawasan rawan lainnya yaitu pesisir Tanjung Benoa-Bali, pesisir Kalimantan Barat, dan pesisir Makassar.

“Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar-muat di pelabuhan,” tulis BMKG.

BMKG mengimbau masyarakat selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut.

Selain itu, masyarakat diminta memperhatikan update informasi cuaca maritim melalui situs dan media sosial resmi BMKG.

Peringatan ini berlaku mulai Sabtu (19/1/2019) hingga Selasa (22/1/2019).

BMKG menjelaskan, supermoon merupakan fenomena di mana bulan berada dalam jarak terdekat dengan bumi atau disebut dengan posisi perige.

Sumber: intisari.grid.id tribunnews.com

Leave a Reply