Puasa Sehat, Jangan Tidur Habis Makan Sahur

Jangan langsung tidur selepas makan sahur kalau enggak mau sakit. Tidak ada faedahnya kalau habis sahur kita tidur lagi. Padahal, puasa menyehatkan tubuh manusia dan itu sudah terbukti secara ilmiah.

Hasil penelitian Dr Ebrahim Kazim, dari Trinidad Islamic Academy, melalui teknologi EEG (perekam gelombang otak) menunjukkan jika puasa membuat tidur lebih berkualitas.

Hal itu berpengaruh terhadap perbaikan tubuh dan otak. Sebagian besar orang melakukannya ketika sedang menjalankan puasa.

Kemudian, puasa juga terbukti bisa menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti jantung.

Sebab, organ yang tak bekerja keras saat puasa, bisa melakukan detoksifikasi secara sempurna, alhasil daya tahan tubuh pun meningkat.

Meskipun puasa terbukti menyehatkan tapi patut diketahui beberapa hal yang bisa merusak ibadah puasa.

Utamanya soal kesehatan yang kerap dilakukan oleh orang adalah tidur setelah makan sahur. Bahaya apa saja yang bisa datang karena kebiasaan satu ini.

1. Merusak Liver
Ketika tidur semua organ dalam tubuh akan melambat metabolismenya, seperti usus dan lambung akan lambat dalam mencerna makanan.

Akibatnya, makanan tidak tercerna dengan sempurna. Makanan yang tidak tercerna dengan sempurna akan dimakan oleh bakteri buruk.

Jumlah bakteri buruk di lambung dan usus menjadi dominan. Dimana sifat bakteri ini adalah anaerob (miskin oksigen). Hasil metabolisme bakteri ini bersifat asam.

Bakteri akan menghasilkan zat asam nitrit yang bersifat sangat asam. Asam nitrit akan meningkatkan derajat keasaman tubuh.

Derajat keasaman tubuh meningkat drastis akan membebani sistem metabolisme tubuh. Nah, asam nitrit inilah yang sangat beracun untuk liver.

2. Heartbun
Heartbun merupakan sensasi terbakar yang menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat refluks asam lambung.

Ketika berbaring setelah makan, sistem pencernaan memang bekerja terlalu keras sehingga meningkatkan risiko refluks asam lambung.

Hal itu mengakibatkan asam lambung bisa naik hingga ke kerongkongan. Tidur setelah sahur biasanya kurang nyenyak dan sering bermimpi buruk.

3. Stroke
Nah, jika kamu tidak mau terkena stroke sebaiknya jangan makan sahur langsung tidur. Sebuah penelitian menemukan jika kondisi refluks asam memicu apnea tidur yang berkaitan dengan stroke.

Sementara teori lain mengatakan kalau sistem pencernaan yang tak lancar memengaruhi kinerja tekanan darah dan kadar gula yang meningkatkan risiko stroke.

4. Bikin Gemuk
Bagi Anda yang bermimpi punya tubuh kurus setelah puasa berarti mulai besok kamu tidak boleh tidur sehabis sahur.

Nah, bukannya semakin kurus ketika puasa, berat badan Anda akan bertambah jika kamu melakukan kebiasaan tidur setelah makan sahur.

Berat badan bertambah karena tubuh tidak memiliki kesempatan untuk membakar kalori sehingga akan ditimbun sebagai lemak di dalam tubuh.

Sumber: tagar.id

Leave a Reply