Setelah Viral, Kapolres Brebes Perbaiki Rumah Mbah Turah, Nenek 90 Tahun Hidup Sebatangkara

Kisah tentang kondisi Mbah Turah, warga lanjut usia di Desa Klampis, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, yang hidup sebatangkara menjadi viral di media sosial.

Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono, lantas mendatangi rumah tak layak huni (RTLH) yang ditempati nenek 90 tahun itu, Jumat (1/3/2019).

Mbah Turah hanya terbaring lemah di tempat tidur di rumah tetangganya. Dilihat dari fisiknya, kondisi warga RT 12 RW 4 Desa Klampis ini sangat memprihatinkan.

Tak hanya itu, tubuh Mbah Turah juga sudah tidak kuat untuk berdiri dan hanya mampu terbaring. Untuk bangun dari tempat tidur, Mbah Turah harus dibantu tetangganya.

Meski hidup seorang diri di bangunan yang tak layak huni, Mbah Turah tak sekalipun mendapatkan bantuan untuk keluarga prasejahtera dari pemerintah.

Baru beberapa hari ini, Mbah Turah diungsikan ke rumah tetangganya. Hal itu karena kondisi rumahnya sudah rawan ambruk. Rumahnya yang berupa tembok setinggi satu meter dan disambung dengan anyaman bambu sudah rapuh. Bagian atap rumah pun kerapkali bocor saat turun hujan.

“Ia sudah lama tinggal seorang diri karena tempat tinggal saudaranya jauh. Untuk sekedar makan sehari-hari, selama ini Mbah Turah makan dari tetangga-tetangga sekitar,” kata seorang tetangganya, Pramudi.

Pramudi menuturkan, kondisi memprihatinkan Mbah Turah itu sudah berlangsung bertahun-tahun. Para tetangga tidak tahu di mana saudaranya.

Kondisi Mbah Turah tersebut kemudian dibagikan seorang warga ke media sosial sehingga menjadi ramai. Jajaran kepolisian Resor Brebes yang mengetahui informasi tersebut langsung mengecek lokasi kediaman Mbah Turah, pekan lalu.

Kapolsek Jatibarang, AKP Radiyanti bersama jajarannya, memberikan bantuan berupa makanan dan minuman siap saji, pekan lalu. Selain itu, pihaknya bersama petugas kesehatan juga mengecek kondisi kesehatan Mbah Turah.

Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono saat mendatangi lokasi mengatakan, kondisi kesehatan Mbah Turah pun sudah dicek oleh petugas kesehatan yang dikirimnya. Selama ini Mbah Turah dirawat oleh tetangganya dan kondisinya sudah membaik dari sakitnya.

Kedatangan Kapolres ke rumah Mbah Turah ini untuk memberikan bantuan rehab rumah milik Mbah Turah yang sudah tidak layak huni. Sehingga, nantinya Mbah Turah bisa menempati rumahnya tanpa was-was lagi.

“Kesehatan Mbah Turah sudah kami cek. Kondisi rumahnya pun sangat memprihatinkan. Oleh karenanya, kami bersama warga gotong-royong membangun rumah Mbah Turah yang atapnya sering bocor saat hujan,” katanya.

Saat tinggal di rumahnya yang hampir ambruk, Mbah Turah sering tertimpa air saat hujan walaupun berada di dalam rumah. Atas dasar itu, Aris kemudian terketuk hatinya jntuk memperbaiki rumah Mbah Turah.

Saat di rumah Mbah Turah, Kapolres tak sempat berbincang dengan Mbah Turah yang tengah terlelap di tempat tidur di rumah tetangganya.

“Saat kami jajaran Polres Brebes mendatangi Mbah Turah, beliau sedang istirahat jadi tidak sempat berbincang dengan beliau. Kami berharap kondisinya semakin membaik,” harapnya.

Sumber: tribunnews.com

Leave a Reply