Karena Sedekah, Mayit pun Minta Kembali ke Dunia

Amalan apa yang paling menarik perhatian orang-orang yang sudah diwafatkan oleh Allah? Jawabnya adalah sedekah. Mengapa?

Dikisahkan dalam Al-Quran surah Al-Munafiqun ayat 10,

رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ

“… ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah …”

Di akhir ayat, Allah memberi predikat kepada mereka yang gemar bersedekah sebagai orang-orang yang sholeh. Adapun orang-orang sholeh tempat akhirnya adalah surga.

Bersedekah, menurut junjungan kita, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, tidak akan membuat seseorang jatuh miskin.

Bahkan, di banyak hadits, Sang Nabi selalu menganjurkan untuk bersedekah. Karena, sedekah itu, menurut Sang Nabi, akan membuat Allah ridho untuk memberi sedekah kepada hamba-Nya.

Bersedekahlah, karena Allah akan bersedekah untukmu,” begitu teks-teks hadits yang berkaitan dengan sedekah.

Bersedekah itu tidak membuat seseorang jatuh miskin. Itu benar adanya. Karena Allah telah menjamin nilai amalan seseorang itu dengan memberi kelipatan.

Bersedekah itu, dalam Al-Quran surah Al-Baqoroh ayat 261, ibarat sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, dimana masing-masing bulir menumbuhkan seratus biji.

Bukan hanya itu, Allah juga akan melipat gandakan bagi siapa saja yang dikehendaki.

Jadi, secara matematis, ganjaran amalan itu dilipatgandakan menjadi 700 kali, tapi secara spiritual, nilainya bisa tak terbatas, sesuai dengan kehendak Allah Subhanahu Ta’ala.

Keikhlasan dalam beramal akan megundang cinta Allah pada hamba-Nya, dan karena itu pemberian-Nya tak bisa dibatasi dengan hitungan matematis.

Sekarang pertanyaannya, mengapa para mayit minta dikembalikan ke dunia, lalu bersedekah? Mereka minta dikembalikan ke dunia bukan untuk melaksanakan puasa, haji/umroh, maupun shalat? Di sinilah rahasianya.

Para ulama berpendapat, bahwa seseorang yang baru saja wafat, maka yang pertama kali diperlihatkan kepada si mayit adalah amalan sedekah.

Inilah yang membuat si mayit takjub, sekaligus menyesal. Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, si mayit minta dikembalikan ke dunia, sebentar saja, lalu dia akan bersedekah.

Itulah salah satu rahasia sedekah, di antara rahasia-rahasia lainnya tentang sedekah.

Karena itu, buat kita yang masih diberi umur dan rezeki yang cukup, hendaknya tidak menyia-nyiakan amalan yang hanya bisa dilakukan selama masih hidup di dunia.

Jika sudah wafat, seseorang sudah tidak lagi bisa melakukan amal-sholeh.

Wallahu a’lam

Sumber: newsdelay.com

Leave a Reply