Bukan Fogging, Tanaman Inilah yang Ampuh Untuk Mengusir Nyamuk

Penyakit demam berdarah hingga saat ini masih belum berkurang juga. Malah, di beberapa daerah seperti Brebes, penyakit membahayakan satu ini menyerang siswa sekolah.

Melihat kejadian tersebut, banyak sekolah yang berinisiatif untuk melakukan fogging.

Tapi, fogging ternyata masih dipertanyakan keampuhannya Sahabat.

Disampaikan oleh Dr. Riris Andono Ahmad selaku peneliti dalam World Mosquito Program di Pusat Kedokteran Tropis, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM di Yogyakarta jika fogging hanya membunuh nyamuk dewasa.

Sedangkan telur dan jentiknya masih bisa berkembang biak.

Kalau sudah seperti ini, bagaimana solusinya? Pasalnya melakukan 3 M saja tidak cukup untuk memberantas nyamuk. Perlu ada tindakan tambahan supaya serangga tersebut bisa mati.

Nah, Sahabat jangan khawatir. Cara ampuh yang bisa dilakukan untuk membasmi nyamuk adalah dengan menanam beberapa tumbuhan di bawah ini dekat rumah.

Menurut Walikota Jakarta Pusat, Sylviana Murni, jika ada tiga tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk demam berdarah. Adalah kemangi, jahe dan lengkuas.

Letakkan saja ketiganya di sekitaran rumah supaya bau dari ketiga tumbuhan tersebut dapat tercium oleh serangga membahayakan tersebut.

Tapi dengan syarat, si pemilik rumah juga perlu melakukan langkah menutup, mengubur dan menguras agar telur dan jentik nyamuk tidak dapat berkembang biak.

Hal ini berbeda dengan yang dikatakan oleh Prof Dadang dari Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor (IPB) seorang Pakar Insektisida Nabati.

Tanaman sereh (serai), lavender dan zodia sangat baik untuk mengusir nyamuk. Jadi pemilik rumah perlu menanam tanaman ini di sekitar huniannya.

Namun perlu diingat, tanaman tersebut perlu dirawat dengan baik, tidak asal diberi pupuk atau disiram saja. Tapi juga pemangkasan perlu dilakukan jika daun tanaman sudah rimbun.

Pasalnya, jika daun dari tumbuhan tersebut tidak dipotong secara berkala, tanaman akan menjadi sarang baru bagi nyamuk. Pasti enggak mau kan seperti itu?

Cara-cara ini juga sangat disarankan oleh beberapa ahli kesehatan lain. Sebab lebih aman daripada harus menggunakan obat semprot nyamuk yang membuat sesak nafas.

Tapi sebelum menanam tumbuhan di atas, kalian harus konsisten untuk merawatnya. Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan rumah dan melaksanakan 3 M.

Sumber: boombastis.com

Leave a Reply